BAHASA INGGRIS X SILABUS 2
Silabus
Sekolah : SMA...........
Kelas : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Menyimak
- Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: memuji, mengucapkan terima kasih, dan selamat. 7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan | · Teks lisan dan tulisan percakapan penjual dan pembeli di toko baju - Hello, sir. Can I help you? - Yes, please - I’m sorry, sir · Teks percakapan lisan dan tulis tentang Sari yang berbelanja di Harrods yang berisi ungkapan memuji dan berterimakasih, - Thank you. - Amazing… · Teks percakapan lisan dan tulis tentang Sari yang berbelanja di pinggir jalan yang berisi ungkapan memuji, mengucapkan terima kasih. - That’s amazing! - They’re only fraction of the price you’ll pay at the posh shop like Arrods. - Ave a look at these luvly andbags. - There you go, darling. |
| · Mampu membuat percakapan berdasarkan teks tersebut
| Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
| 4x 45 menit 4X 45 menit | a. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008 b. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan c. Gambar-gambar yang relevan a. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008 b. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan c. Gambar-gambar yang relevan |
Standar Kompetensi : Menyimak
- Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narratif, news item dan desktiptif dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
8.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 8.2 Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narratif, news item, dan deskriptif. | · Teks rumpang tentang sejarah perkembangan pakaian. · Teks tentang media massa · Teks rumpang news item. · Teks rumpang recount tentang keseharian Sharon Jones. · Teks rumpang tentang tempat-tempat wisata di dunia. · Teks rumpang deskriptif mengenai Tourism. · Teks news item tulis yang salah dan teks news item yang benar pada teks lisan tentang Rowan Atkinson. · Teks naratif tentang petualangan Gurdeep dan teman-temannya naik roller coaster. |
· Siswa membaca teks rumpang lisan dan tulis tentang media massa dan melengkapi rumpang yang ada dengan jawaban yang telah tersedia. Untuk mengisi rumpang, siswa harus menyimak teks lisan. Selanjutnya, siswa menjodohkan kosakata dengan definsinya.
· Siswa melengkapi rumpang dengan kosakata yang tersedia. Pengisian rumpang dilakukan dengan menyimak penjelasan teks lisan · Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait teks deskriptif Tourism.
|
| Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
| 6 x 45 menit 6 x 45 menit | a. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008 b. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan c. Gambar-gambar yang relevan a. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008 b. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan c. Gambar-gambar yang relevan |
Standar Kompetensi : Berbicara
- Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
9.1.Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: memuji, berterimakasih, dan mengucapkan selamat 9.2.Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan | · Teks percakapan penjual dan pembeli · Teks percakapan lisan dan tulis tentang Sari yang berbelanja di Harrods yang berisi ungkapan memuji dan berterimakasih. - Thank you. - Amazing…
- Do you want to come and join us? - I’m not sure. - Yes, I’m sure. · Diskusi pertanyaan tentang media massa · Diskusi mengenai pertanyaan news report · Cerita pendek · Pertanyaan direct speech · Informasi mengenai want/desires · Informasi mengenai aplogise · Melakukan wawancara |
| · Mampu melakukan membuat dialog berdasarkan naskah · Mampu melakukan Tanya jawab dengan teman · Mampu membuat dialog menggunakan ungkapan-ungkapan yang diminta · Mempu melakukan diskusi dan mengerluarkan pendapat | Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
| 8 x 45 menit | a. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008 b. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan c. Gambar-gambar yang relevan |
Standar Kompetensi : Berbicara
- Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narratif, news item dan desktiptif dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
10.1 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 10.2 Mengungkapkan makna dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narratif, news item dan desktiptif | · Teks mengenai tempat wisata · Teks item tentang news report · Mengisi formulir untuk mengajukan visa · Teks report tentang televisi. · Teks news item mengenai peragaan busana di Bali dan pertanyaan panduan mengenai hal ini · Teks news item tentang kegiatan pariwisata di Bali pasca tragedi bom Bali. · Teks news items tentang headline di surat kabar |
· Siswa mengisi formulir untuk mengajukan visa dan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan sulit yang terdapat pada formulir tersebut. Kemudian, siswa membuat situasi rekaan tentang wawancara untuk mendapatkan visa. · Siswa membaca teks report tentang televise dan mendiskusikan teks tersebut dengan temannya. Kemudian, siswa mendiskusikan alasan suatu tayangan televise disensor. · Siswa membaca teks news item mengenai peragaan busana di Bali dan mendiskusikan hal ini dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan panduan yang disediakan
|
| Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
| 6 x 45 menit 6 x 45 menit | a. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008 b. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan c. Gambar-gambar yang relevan a. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008 b. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan c. Gambar-gambar yang relevan |
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan 11.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk naratif, deskriptif, dan news item. | · Teks rumpang tentang sejarah perkembangan pakaian, pertanyaan mengenai teks, latihan kosakata dan referen pada teks. · Email deskripsi mengenai Harrods yang dikirim Sari pada teman-temannya · Teks percakapan penjual dan pembeli · Peta letak barang-barang di Harrods. · Teks tentang objek-objek wisata di dunia. · Kartu pos mengenai cerita teman yang berlibur. · Pengumuman mengenai keberangkatan pesawat di Bandar udara · Membaca formulir pengajuan visa dan pertanyaan mengenai hal ini · Teks report mengenai televise dan latihan kosakata. · Teks percakapan rumpang reporter dan pemelajar · Teks mengenai autocue dan latihan kalimat berterima/tidak berterima · Teks rumpang recount mengenai Sharon Jones. · Teks rumpang percakapan Sharon dan Putri. · Teks mengenai polusi, pertanyaan terkait teks, dan latihan kosakata. · Teks rumpang mengenai polusi udara, pertanyaan terkai teks kosakata dan referen · Wacana singkat mengenai gas rumah kaca dan pertanyaan teks · Teks mengenai pemanasan global dan pertanyaan referen · Tabel mengenai polite conversation · Latihan kalimat berterima/tidak berterima · Pemelajaran mengenai: - Present perfect tense - Present perfect continuous tense · Pemelajaran mengenai: - Offer/request - Sympathy - Relative/time clauses - Direct/reported speech - Congratulate/praise - Wants/desires - apologize - latihan soal - membuat dialog menggunakan ungkapan · Teks news item tentang bom bali dan pertanyaan terkait teks · Teks deskriptif mengenai orang-orang yang berjemur dan pertanyaan terkait teks · Teks news item dari dua Koran berbeda. · Teks news item rumpang mengenai siaran televisi, pertanyaan Benar/Salah, latihan kosakata · Teks naratif mengenai pengalaman Gurdeep dan teman-temannya naik roller coaster dan pertanyaan terkait teks |
· Siswa membaca dan membandingkan gaya penulisan news item yang berasal dari dua Koran berbeda. Kemudian, menjawab pertanyaan mengenai hal ini.
| · Mampu menjawab pertanyaan terkait teks. · Mampu mengisi rumpang. · Mampu mencocokkan kosakata dengan definisinya. · Mampu membuat referen penggunaan “this, that, it, they, which”. · Mampu mengidentifikasi adverbial, adjektiva, dan verba bentuk lampau. · Mampu mengidentifikasi ragam bahasa berterima dan tidak. · Mampu membaca peta · Siswa mampu mengidentifikasi kalimat berterima/tidak berterima · Mampu membuat pertanyaan dan jawaban positif/negative dari system kala yang dipelajari. · Mampu menjawab pertanyaan terkait teks. · Mampu mengisi rumpang. · Mampu mencocokkan kosakata dengan definisinya. · Mampu membandingkan ragam bahasa tulis dari dua Koran berbeda · Mempu mencari definisi kosakata | Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
| 8x 45 menit 6x 45 menit | a. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008 b. Teks pendek c. Poster, banner, pamphlet d. Gambar-gambar yang relevan e. Internet, media cetak a. relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008 b. Teks pendek c. Poster, banner, pamphlet d. Gambar-gambar yang relevan e. Internet, media cetak |
Standar Kompetensi : Menulis
- Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk naratif, deskriptif, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
12.1 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek (misalnya iklan, undangan, pengumuman, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari. 12. 2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: naratif, deskriptif, dan news item. |
| · Siswa menuliskan nama-nama pakaian yang ada digambar dan yang dikenakan oleh orang-orang pada gambar. · Siswa membuat akhir percakapan antara penjual dan pembeli di toko baju. · Siswa menulis surat untuk editor sesuai dengan format yang disarankan · Siswa mengerjakan teks rumpang surat lamaran pekerjaan dan melengkapi rumpangnya dengan kosakata yang tersedia. Selanjutnya, siswa membuat surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan lowongan pekerjaan. · Siswa membaca teks mengenai berjemur matahari dan membuat poster bertema how to keep yourself safe in the sun. · Siswa diajarkan tentang present perfect tense dan present perfect continuous dan menulis tentang keluarga menggunakan present perfect tense dan present perfect continuous · Siswa mengisi tabel hal-hal yang harus dilakukan sebelum bepergian · Siswa membaca teks mengenai perbincangan Putri dan Sharon mengenai sekolah gratis dan menuliskan hasil diskusinya. · Siswa diminta mengubah teks upacara dari direct speech menjadi reported speech · Siswa membaaca informasi mengenai stuktur teks dan struktur bahasa teks deskriptif dan menulis kartu pos yang mendeskripsikan keindahan objek-objek wisata pada gambar · Siswa membaca penjelasan mengenai Informasi mengenai struktur teks dan struktur bahasa teks news item dan menulis teks news item sesuai struktur yang dipelajari. · Siswa menulis teks naratif tentang perjalanan liburan yang pernah dialami berdasarkan struktur teks naratif yang telah dipelajari. | · Mampu menuliskan nama-nama pakaian · Mampu membuat poster how to keep yourself safe in the sun · Mampu menulis surat pada editor · Mampu menulis surat lamaran pekerjaan · Mampu menulis deskripsi menggunakan tenses yang diminta · Mampu mengisi tabel tentang hal-hal yang harus dilakukan · Mampu menulis surat dalam bentuk kartu pos yang mendeskripsikan keindahan objek-obejk wisata · Mampu membuat teks news item · Mampu membuat teks Naratif | Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
Jenis tagihan:
Bentuk instrumen:
| 6 X 45 menit 6 X 45 menit | a. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008 b. Gambar-gambar / foto, poster, banner, pamphlet yang relevan c. Internet, media cetak a. Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008 b. Gambar-gambar / foto, poster, banner, pamphlet yang relevan c. Internet, media cetak |
Mengetahui:
Kepala .................................................... Guru Mata Pelajaran,
NIP NIP
No comments:
Post a Comment