15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP12


BAHASA INGGRIS X RPP12
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 12


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dalam bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menulis naratif berdasarkan struktur naratif
Mampu menjawab pertanyaan terkait struktur naratif
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks mengenai pembukaan restoran baru
Teks tentang penjelasan struktur naratif
Paragraph pendek mengenai daur ulang di London

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang cara menulis naratif
Siswa ditanyai tentang pembukaan restoran atau toko 
INTI
Siswa mempelajari struktur naratif
Siswa menjawab pertanyaan terkait informasi struktur teks naratif
Siswa membaca paragraph pendek mengenai daur ulang di London dan menulis artikel mengenai hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan lingkungan
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa menulis satu naratif

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





 √
Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21
 √
Material: VCD, kaset, poster

 √
Media cetak dan elektronik

 √
Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
 √
Presentasi


Diskusi kelompok

 √
Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
 √
Tes Tertulis
 √
Observasi Kinerja / Demonstrasi
 √
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan tentang struktur naratif
Penulisan naratif mengenai pembukaan toko/restoran
Penulisan artikel daur ulang di London
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Menyatakan makna teks fungsional pendek (undangan, iklan, pengumuman) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan tentang struktur naratif
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Penulisan naratif mengenai pembukaan toko/restoran
Penulisan sempurna sempurna
Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan
Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah
8-10
6-7
4-5
Penulisan artikel mengenai daur ulang
Penulisan sempurna sempurna
Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan
Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                                 ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,


-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: