BAHASA INGGRIS X RPP12
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 12
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dalam bahasa tulis Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu menulis naratif berdasarkan struktur naratif Mampu menjawab pertanyaan terkait struktur naratif |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks mengenai pembukaan restoran baru Teks tentang penjelasan struktur naratif Paragraph pendek mengenai daur ulang di London |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang cara menulis naratif Siswa ditanyai tentang pembukaan restoran atau toko |
INTI | Siswa mempelajari struktur naratif Siswa menjawab pertanyaan terkait informasi struktur teks naratif Siswa membaca paragraph pendek mengenai daur ulang di London dan menulis artikel mengenai hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan lingkungan |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa menulis satu naratif |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
| Narasumber | | |
| Model peraga | | |
| Lingkungan | | |
Metode | √ | Presentasi | |
| Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan tentang struktur naratif Penulisan naratif mengenai pembukaan toko/restoran Penulisan artikel daur ulang di London | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna teks fungsional pendek (undangan, iklan, pengumuman) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan tentang struktur naratif | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Penulisan naratif mengenai pembukaan toko/restoran | Penulisan sempurna sempurna Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah | 8-10 6-7 4-5 |
Penulisan artikel mengenai daur ulang | Penulisan sempurna sempurna Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment