BAHASA INGGRIS X RPP4
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 4
| MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
| KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
| PROGRAM | Umum |
| ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
| TEMA | |
| STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount |
| KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dalam bahasa tulis Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount |
| ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
| INDIKATOR | Mampu menulis recount berdasarkan struktur recount Mampu menuliskan kalimat yang sesuai berdasarkan gambar |
| MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks mengenai pendidikan Teks tentang penjelasan struktur recount |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
| PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang cara menulis recount Siswa ditanyai tentang pendidikan yang didapat siswa |
| INTI | Siswa mempelajari struktur recount Siswa menjawab pertanyaan mengenai struktur recount |
| PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa menulis satu recount |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21 |
| √ | Material: VCD, kaset, poster | | |
| √ | Media cetak dan elektronik | | |
| √ | Website internet | | |
| | Narasumber | | |
| | Model peraga | | |
| | Lingkungan | | |
| Metode | √ | Presentasi | |
| | Diskusi kelompok | | |
| √ | Inquari | |
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
| √ | Tes Tertulis | |
| √ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
| √ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| | Pengukuran Sikap | |
| | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| Penulisan recount | ||
| RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
| Instrumen soal | Uraian | Skor |
| Penulisan recount | Penulisan sempurna sempurna Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
Administrasi PBM, Bahasa Inggris SMA X, RPP Bahasa Inggris SMA X, Bahasa Inggris SMA X RPP5,
|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 5
| MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
| KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
| PROGRAM | Umum |
| ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
| TEMA | |
| STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount dalam kehidupan sehari-hari |
| KOMPETENSI DASAR | Merespon dan mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek Merespon makna mengungkapkan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount |
| ASPEK PEMBELAJARAN | Menyimak |
| INDIKATOR | Mampu mengidentifikasi silent letter dari kosakata teks mengenai keluarga |
| MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks lisan dan tulis mengenai keluarga |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
| PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa diminta mengucapkan beberapa kata yang mempunyai silent letter, seperti write dan listen. |
| INTI | Siswa mendengarkan teks tentang kelurga untuk mengidentifikasi silent letter yang terdapat pada teks |
| PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanya mengenai kesulitan yang dialami dalam mengidentifikasi silent letter pada teks Siswa diberikan saran mengenai cara mengidentifikasi silent letter |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16 |
| √ | Material: VCD, kaset, poster | | |
| Media cetak dan elektronik | | ||
| Website internet | | ||
| Narasumber | | ||
| √ | Model peraga | | |
| Lingkungan | |||
| Metode | Presentasi | | |
| Diskusi kelompok | | ||
| √ | Inquari | |
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK | Tes Lisan | |
| Tes Tertulis | ||
| √ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
| Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | ||
| | Pengukuran Sikap | |
| √ | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| Teks lisan dan tulis tentang keluarga Daftar pertanyaan mengenai silent letter yang terdapat pada teks yang disimak | ||
| RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog tentang keluarga
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
| Instrumen soal | Uraian | Skor |
| Pertanyaan tentang silent letter yang terdapat pada teks tentang keluarga | Jawaban benar Jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:


No comments:
Post a Comment