BAHASA INGGRIS X RPP32
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 32
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna esai dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dalam bahasa tulis Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu menulis kartu pos mengenai tempat-tempat wisata Mampu menulis wacana mengenai keluarga menggunakan present perfect dan present perfect continuous Mampu menulis instruksi hal-hal harus dikerjakan sebelum bepergian Mampu membuat poster “how to keep yourself in the sun” |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Gambar tempat wisata Informasi mengenai penggunaan present perfect dan present perfect continuous Tabel hal-hal yang harus dilakukan sebelum bepergian Teks mengenai berjemur di pantai |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang pengalaman berlibur |
INTI | Siswa diberikan gambar tempat wisata dan diminta menulis kartu pos dari tempat wisata Siswa diajari tentang present perfect dan present perfect tense dan menulis tentang keluarga menggunakan present perfect dan present perfect tense Siswa diminta mengisi hal-hal yang harus dilakukan sebelum bepergian |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa membuat poster “how to keep yourself in the sun” |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
| Narasumber | | |
| Model peraga | | |
| Lingkungan | | |
Metode | √ | Presentasi | |
| Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
menulis kartu pos mengenai tempat-tempat wisata membuat poster “How to keep yourself safe in the sun” | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna teks fungsional pendek (undangan, iklan, pengumuman) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
menulis kartu pos mengenai tempat-tempat wisata | Penulisan sempurna Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah | 8-10 6-7 4-5 |
membuat poster “How to keep yourself safe in the sun” | Ide dan ejaan sempurna Ide baik, kesalahan kecil pada struktur dan ejaan Ide tidak sesuai, struktur dan ejaan salah | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment