15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP17



UNIT 5                        HEALTH                                                                    (halaman 74 s.d 93)
 
BAHASA INGGRIS X RPP17

RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 17


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount dalam kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR
Merespon dan mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek
Merespon makna mengungkapkan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
ASPEK PEMBELAJARAN
Menyimak
INDIKATOR
Mampu mengisi rumpang esai pendek dan teks percakapan mengenai kesehatan tubuh
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Esai pendek mengenai cara menjaga kesehatan
Teks naratif rumpang Pak Salim yang dirawat di rumah sakit


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya pendapatnya mengenai cara menjaga tubuh agar tetap sehat
Siswa ditanya pengalaman dirawat di rumah sakit
INTI
Siswa mendengarkan teks cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan mendengarkan teks tentang Pak Salim yang dirawat di rumah sakit untuk mengisi rumpang pada kedua teks
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanya mengenai kesulitan dalam menyimak dan mengisi rumpang.


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

Model peraga


Lingkungan

Metode
  

Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Teks lisan dan tulis tentang kesehatan tubuh
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar   : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog tentang kesehatan tubuh
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Teks rumpang mengenai kesehatan tubuh

Jawaban benar
Jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Mengetahui,                                                                                                 ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,


-------------------------------                                                                     ------------------------------NIP:                                                                                       NIP:

No comments: