15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP36



BAHASA INGGRIS X RPP36
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 36


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna esai dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dalam bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menulis news item
Mampu menulis lanjutan naskah berita
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Informasi mengenai struktur news item
Potongan naskah berita

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang membaca berita
 INTI
Siswa diajari menulis teks news item
Siswa membaca naskah berita
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa menulis naskah berita dan news item

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





 √
Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21
 √
Material: VCD, kaset, poster

 √
Media cetak dan elektronik

 √
Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
 √
Presentasi


Diskusi kelompok

 √
Inquari



PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
 √
Tes Tertulis
 √
Observasi Kinerja / Demonstrasi
 √
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
menulis news item
menulis lanjutan naskah berita
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Menyatakan makna teks fungsional pendek (undangan, iklan, pengumuman) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
menulis news item
Penulisan sempurna
Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan
Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah
8-10
6-7
4-5
menulis lanjutan naskah berita
Penulisan sempurna
Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan
Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah
8-10
6-7
4-5


Mengetahui,                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: