15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP10



BAHASA INGGRIS X RPP10
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 10


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk memenuhi undangan
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu melakukan wawancara mengenai kesehatan lingkungan
Mampu melakukan diskusi mengenai daur ulang di London
Mampu membuat dan melakukan dialog mengenai pembukaan restoran baru
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks percakapan mengenai kesehatan lingkungan
Paragraf pendek dan pertanyaan panduan untuk diskusi mengenai daur ulang di London
Teks naratif mengenai pembukaan restoran baru

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa membaca paragraph pendek mengenai daur ulang di London dan melakukan diskusi berdasarkan pertanyaan panduan yang menyertai paragraf
INTI
Siswa membuat daftar pertanyaan dan melakukan wawancara tentang kesehatan lingkungan
Siswa membaca teks naratif tentang pembukaan restoran baru
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa melakukan dialog tentang pembukaan restoran baru

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 8, 9, 14
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga

Lingkungan
 Kesehatan lingkungan rumah siswa
Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap
 √
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Peragaan wawancara tentang kebersihan lingkungan
Peragaan dialog di depan kelas tentang pembukaan restoran
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar  : Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk wawancara, memenuhi undangan
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Peragaan wawancara tentang kebersihan lingkungan


Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog buruk
8-10
6-7

4-5
Peragaan dialog di depan kelas tentang pembukaan restoran
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog buruk
8-10
6-7

4-5


Mengetahui,                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: