Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP24


BAHASA INGGRIS X RPP24
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 24


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dalam bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menulis naratif berdasarkan naskah
Mampu melanjutkan tulisan berdasarkan naskah
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks naskah naratif dan gambar-gambar perjalanan luar angkasa
Teks naratif setengah jadi

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang film perjalanan luar angkasa yang disukai
INTI
Siswa diberikan naskah dan gambar-gambar perjalanan luar angkasa untuk menulis cerita berdasarkan naskah dan gambar tersebut
Siswa diberikan naskah setengah jadi untuk melanjutkan ceritanya
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa diberikan naskah setengah jadi untuk melanjutkan ceritanya
Siswa ditanyai mengenai kosakata sukar

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





 √
Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21
 √
Material: VCD, kaset, poster

 √
Media cetak dan elektronik

 √
Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
 √
Presentasi


Diskusi kelompok

 √
Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
 √
Tes Tertulis
 √
Observasi Kinerja / Demonstrasi
 √
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Penulisan naskah naratif berdasarkan naskah dan gambar-gambar perjalanan luar angkasa
Penulisan lanjutan untuk naskah naratif setengah jadi
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Menyatakan makna teks fungsional pendek (undangan, iklan, pengumuman) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Penulisan naskah naratif berdasarkan naskah dan gambar-gambar perjalanan luar angkasa
Penulisan sempurna
Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan
Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah
8-10
6-7
4-5
Penulisan lanjutan untuk naskah naratif setengah jadi
Penulisan sempurna
Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan
Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: