15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP15



BAHASA INGGRIS X RPP15
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 11


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis
Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, prosedur, dan recount
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab  pertanyaan terkait gambar olahraga
Mampu mengerjakan latihan go dan do
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks percakapan
Mampu menggunakan prefer dan to dengan baik
Mampu menggunakan reflexive pronoun
Mampu menggunakan present continuous tense dengan baik
Mampu mengerjakan latihan kalimat berterima/tidak berterima
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Gambar-gambar olahraga
Tabel latihan do dan go
Teks percakapan
Tabel prefer dan to
Informasi penggunaan present continuous tense
Esai pendek yang berisi penggunaan reflexive pronoun
Latihan kalimat berterima/tidak berterima

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa mencermati gambar olahraga dan menjawab pertanyaan terkait gambar
INTI
Siswa menjawab pertanyaan terkait teks percakapan
Siswa mengerjakan latihan go dan do
Siswa diajarkan prefer dan to dan diberikan latihan
Siswa menggunakan reflexive pronoun
Siswa diajarkan present continuous tense dan diberikan latihan present continuous tense
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa mengerjakan latihan kalimat berterima/tidak berterima

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan terkait teks percakapan
latihan present continuous tense
Latihan kalimat berterima/tidak berterima
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan terkait teks percakapan

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab/ jawaban salah
2
1

0
latihan present continuous tense

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab/ jawaban salah
2
1

0
Latihan kalimat berterima/tidak berterima
Jawaban benar
Tidak menjawab/ jawaban salah


Mengetahui,                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: