15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP7


BAHASA INGGRIS X RPP7
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 7


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis
Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, prosedur, dan recount
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks dan esai pendek mengenai keluarga
Mampu menjawab pertanyaan pohon keluarga
Mampu menyusun paragraph pada teks keluarga
Mampu menggunakan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tentang keluarga
Pertanyaan mengenai teks keluarga
Teks keluarga dengan paragraph yang tidak beraturan
Pohon keluarga
Pertanyaan mengenai pohon keluarga

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya mengenai anggota keluarganya
Siswa ditanya mengenai silsilah keluarganya
INTI
Siswa membaca teks/ esai pendek tentang pendidikan dan keluarga dan menjawab pertanyaan terkait teks
Siswa mencermati pohon keluarga dan menjawab pertanyaan mengenai pohon keluarga

PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa membuat pohon keluarga

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
pohon keluarga siswa
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
pohon keluarga siswa
Urutan silsilah sempurna
Urutan silsilah sempurna
kurang lengkap
Urutan salah
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: