Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP28



BAHASA INGGRIS X RPP28
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 28


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna esai dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dalam bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menulis deskriptif berdasarkan struktur deskriptif
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks deskriptif
Mampu menulis surat lamaran pekerjaan
Mampu membuat dialog yang menggunakan offer, request, dan thank
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Iklan lowongan pekerjaan dan pertanyaan terkait iklan ini
Surat lamaran pekerjaan dan iklan lowongan pekerjaan

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang cara penulisan deskriptif
INTI
Siswa diajarkan menulis surat lamaran pekerjaan

PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan lowongan pekerjaan

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





 √
Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21
 √
Material: VCD, kaset, poster

 √
Media cetak dan elektronik

 √
Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
 √
Presentasi


Diskusi kelompok

 √
Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
 √
Tes Tertulis
 √
Observasi Kinerja / Demonstrasi
 √
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Penulisan surat lamaran pekerjaan
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Menyatakan makna teks fungsional pendek (undangan, iklan, pengumuman) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Penulisan surat lamaran pekerjaan
Penulisan sempurna sempurna
Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan
Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah
8-10
6-7
4-5


Mengetahui,                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: