Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP35



BAHASA INGGRIS X RPP35
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 35


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis
Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, deskriptif, dan news item
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan news report
Mampu mengisi rumpang mengenai berita televisi
Mampu menjawab pertanyaan teks rumpang berita televisi
Mampu menjawab pertanyaan Benar/Salah teks rumpang berita televisi
Mampu mengerjakan latihan kosakata teks rumpang berita televisi
Mampu menuliskan pengaruh televisi pada tabel yang tersedia
Mampu mengisi rumpang teks percakapan antara reporter dan siswa
Mampu mengisi rumpang relative clause
Mampu mengerjakan latihan kalimat berterima/tidak berterima dari teks autocue
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
pertanyaan news report
teks  rumpang mengenai berita televisi dan latihan-latihannya
teks pengaruh televisi pada tabel yang tersedia
teks percakapan rumpang antara reporter dan siswa
informasi mengenai relative clause
teks autocue

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya mengenai media massa
INTI
Siswa membaca news report dan menjawab pertanyaan news report
Siswa membaca teks  mengisi rumpang mengenai berita televisi, mengerjakan pertanyaan Benar/Salah, dan mengerjakan latihan kosakata
Siswa membaca teks pengaruh televisi dan mengisi tabel yang tersedia
Siswa membaca teks percakapan rumpang antara reporter dan siswa
Siswa membaca teks autocue
Siswa membaca informasi mengenai relative clause dan mengerjakan latihannya
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa mengerjakan latihan kalimat berterima/tak berterima


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
teks rumpang mengenai berita televisi
pertanyaan teks rumpang berita televisi
pertanyaan Benar/Salah teks rumpang berita televisi
latihan kosakata teks rumpang berita televisi
teks rumpang percakapan antara reporter dan siswa
teks rumpang relative clause
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
teks rumpang mengenai berita televisi
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
pertanyaan teks rumpang berita televisi
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
Pertanyaan Benar/Salah teks rumpang berita televisi
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
latihan kosakata teks rumpang berita televisi
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
teks rumpang percakapan antara reporter dan siswa
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
teks rumpang relative clause
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0

Mengetahui,                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: