BAHASA INGGRIS X RPP35
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 35
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, deskriptif, dan news item |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan news report Mampu mengisi rumpang mengenai berita televisi Mampu menjawab pertanyaan teks rumpang berita televisi Mampu menjawab pertanyaan Benar/Salah teks rumpang berita televisi Mampu mengerjakan latihan kosakata teks rumpang berita televisi Mampu menuliskan pengaruh televisi pada tabel yang tersedia Mampu mengisi rumpang teks percakapan antara reporter dan siswa Mampu mengisi rumpang relative clause Mampu mengerjakan latihan kalimat berterima/tidak berterima dari teks autocue |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | pertanyaan news report teks rumpang mengenai berita televisi dan latihan-latihannya teks pengaruh televisi pada tabel yang tersedia teks percakapan rumpang antara reporter dan siswa informasi mengenai relative clause teks autocue |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya mengenai media massa |
INTI | Siswa membaca news report dan menjawab pertanyaan news report Siswa membaca teks mengisi rumpang mengenai berita televisi, mengerjakan pertanyaan Benar/Salah, dan mengerjakan latihan kosakata Siswa membaca teks pengaruh televisi dan mengisi tabel yang tersedia Siswa membaca teks percakapan rumpang antara reporter dan siswa Siswa membaca teks autocue Siswa membaca informasi mengenai relative clause dan mengerjakan latihannya |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa mengerjakan latihan kalimat berterima/tak berterima |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
teks rumpang mengenai berita televisi pertanyaan teks rumpang berita televisi pertanyaan Benar/Salah teks rumpang berita televisi latihan kosakata teks rumpang berita televisi teks rumpang percakapan antara reporter dan siswa teks rumpang relative clause | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
teks rumpang mengenai berita televisi | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
pertanyaan teks rumpang berita televisi | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
Pertanyaan Benar/Salah teks rumpang berita televisi | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
latihan kosakata teks rumpang berita televisi | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
teks rumpang percakapan antara reporter dan siswa | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
teks rumpang relative clause | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment