BAHASA INGGRIS X RPP39
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 39
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, deskriptif, dan news item |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu mengurutkan gambar hingga menjadi cerita logis Mampu mengisi rumpang teks keseharian Sharon Jones Mampu menjawab pertanyaan teks keseharian Sharon Jones Mampu mengisi tabel perbedaan sekolah Indonesia dan Inggris Mampu menggunakan must/mustn’t Mampu mengerjakan latihan kosakata teks keseharian Sharon Jones Mampu mengisi rumpang teks percakapan Sharon dan Putri Mampu mencocokkan penggunaan kala pada kalimat Putri dan Sharon Mampu mengerjakan latihan direct/reported speech Mampu mengerjakan latihan kosakata menggunakan kata tak beraturan |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Gambar-gambar keseharian teks rumpang keseharian Sharon Jones tabel perbedaan sekolah Indonesia dan Inggris informasi penggunaan must/mustn’t latihan kosakata teks keseharian Sharon Jones teks percakapan rumpang antara Sharon dan Putri latihan direct/reported speech latihan kosakata menggunakan kata tak beraturan |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa mencermati gambar-gambar keseharian dan mengurutkannya agar menjadi cerita logis |
INTI | Siswa membaca teks keseharian Sharon Jones, mengisi rumpang teks, dan mengisi tabel perbedaan sekolah Indonesia dan Inggris Siswa diajarkan penggunaan must/mustn’t dan mengerjakan latihannya Siswa mengerjakan latihan kosakata teks keseharian Sharon Jones Siswa membaca teks rumpang percakapan Sharon dan Putri dan mengisinya Siswa mencermati tabel ucapan Sharon dan Putri dan mencocokkan penggunaan kala pada kalimat Putri dan Sharon Siswa diajarkan direct/reported speech dan mengerjakan latihannya |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa mengerjakan latihan kosakata menggunakan kata tak beraturan Siswa ditanya kosakata yang sukar dalam teks-teks yang digunakan |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
latihan kosakata teks keseharian Sharon Jones teks percakapan rumpang antara Sharon dan Putri latihan direct/reported speech | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
latihan kosakata teks keseharian Sharon Jones | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
teks percakapan rumpang antara Sharon dan Putri | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
latihan direct/reported speech | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment