Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP39



BAHASA INGGRIS X RPP39
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 39


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis
Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, deskriptif, dan news item
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu mengurutkan gambar hingga menjadi cerita logis
Mampu mengisi rumpang teks keseharian Sharon Jones
Mampu menjawab pertanyaan teks keseharian Sharon Jones
Mampu mengisi tabel perbedaan sekolah Indonesia dan Inggris
Mampu menggunakan must/mustn’t
Mampu mengerjakan latihan kosakata teks keseharian Sharon Jones
Mampu mengisi rumpang teks percakapan Sharon dan Putri
Mampu mencocokkan penggunaan kala pada kalimat Putri dan Sharon
Mampu mengerjakan latihan direct/reported speech
Mampu mengerjakan latihan kosakata menggunakan kata tak beraturan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Gambar-gambar keseharian
teks  rumpang keseharian Sharon Jones
tabel perbedaan sekolah Indonesia dan Inggris
informasi penggunaan must/mustn’t
latihan kosakata teks keseharian Sharon Jones
teks percakapan rumpang antara Sharon dan Putri
latihan direct/reported speech
latihan kosakata menggunakan kata tak beraturan

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa mencermati gambar-gambar keseharian dan mengurutkannya agar menjadi cerita logis
INTI
Siswa membaca teks keseharian Sharon Jones, mengisi rumpang teks, dan mengisi tabel perbedaan sekolah Indonesia dan Inggris
Siswa diajarkan penggunaan must/mustn’t dan mengerjakan latihannya
Siswa mengerjakan latihan kosakata teks keseharian Sharon Jones
Siswa membaca teks rumpang percakapan Sharon dan Putri dan mengisinya
Siswa  mencermati tabel ucapan Sharon dan Putri dan mencocokkan penggunaan kala pada kalimat Putri dan Sharon
Siswa diajarkan direct/reported speech dan mengerjakan latihannya

PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa mengerjakan latihan kosakata menggunakan kata tak beraturan
Siswa ditanya kosakata yang sukar dalam teks-teks yang digunakan

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
latihan kosakata teks keseharian Sharon Jones
teks percakapan rumpang antara Sharon dan Putri
latihan direct/reported speech
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
latihan kosakata teks keseharian Sharon Jones
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
teks percakapan rumpang antara Sharon dan Putri
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
latihan direct/reported speech
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0

Mengetahui,                                                                                                 ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: