BAHASA INGGRIS X RPP2
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 2
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk menyatakan dan menanyakan pendapat Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk memberikan berkenalan/bertemu dan berpisah |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu menggunakan ungkapan berkenalan, bertemu/berpisah Pengucapan alphabet Bahasa Inggris Mampu melakukan dialog berdasarkan naskah |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks dan gambar tentang orang-orang yang berkenalan, bertemu/berpisah Alfabet Bahasa Inggris Polite conversation Balon dialog |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya mengenai pengalamannya masuk SMA Siswa ditanya saran untuk mendapat teman baru di SMA |
INTI | Siswa menyimak pengucapan alphabet Bahasa Inggris Siswa melafalkan nama-nama orang yang mereka kenal untuk berlatih pengucapan alphabet Bahasa Inggris Siswa berlatih ungkapan berkenalan, bertemu/berpisah Siswa melakukan dialog cara berkenalan, bertemu/berpisah dengan temannya |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa diminta menjelaskan kesulitan memahami penjelasan Siswa mencermati tabel berisi polite conversation dan melakukan dialog menggunakan naskah pada tabel Siswa mencocokkan balon dialog hingga membantuk satu percakapan utuh dan mempraktekkan dialognya |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 8, 9, 14 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
Media cetak dan elektronik | | ||
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
Tes Tertulis | ||
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Peragaan dialog di depan kelas dengan tema berkenalan, bertemu/berpisah | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk berkenalan, bertemu/berpisah
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Peragaan dialog di depan kelas menggunakan ungkapan berkenalan, berpisah/bertemu yang telah dipelajari | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment