15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP2



BAHASA INGGRIS X RPP2
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 2


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk menyatakan dan menanyakan pendapat
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk memberikan berkenalan/bertemu dan berpisah
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menggunakan ungkapan berkenalan, bertemu/berpisah
Pengucapan alphabet Bahasa Inggris
Mampu melakukan dialog berdasarkan naskah
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks dan gambar tentang orang-orang yang berkenalan, bertemu/berpisah
Alfabet Bahasa Inggris
Polite conversation
Balon dialog

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya mengenai pengalamannya masuk SMA
Siswa ditanya saran untuk mendapat teman baru di SMA
INTI
Siswa menyimak pengucapan alphabet Bahasa Inggris
Siswa melafalkan nama-nama orang yang mereka kenal untuk berlatih pengucapan alphabet Bahasa Inggris
Siswa berlatih ungkapan berkenalan, bertemu/berpisah
Siswa melakukan dialog cara berkenalan, bertemu/berpisah dengan temannya

PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa diminta menjelaskan kesulitan memahami penjelasan
Siswa mencermati tabel berisi polite conversation dan melakukan dialog menggunakan naskah pada tabel
Siswa mencocokkan balon dialog hingga membantuk satu percakapan utuh dan mempraktekkan dialognya


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 8, 9, 14
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan

Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Peragaan dialog di depan kelas dengan tema berkenalan, bertemu/berpisah
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar  : Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk berkenalan, bertemu/berpisah
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen     :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Peragaan dialog di depan kelas menggunakan ungkapan berkenalan, berpisah/bertemu yang telah dipelajari

Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog buruk
8-10
6-7
4-5


Mengetahui,                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: