|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 1
| MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
| KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
| PROGRAM | Umum |
| ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
| TEMA | |
| STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount dalam kehidupan sehari-hari |
| KOMPETENSI DASAR | Merespon dan mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek Merespon makna mengungkapkan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount |
| ASPEK PEMBELAJARAN | Menyimak |
| INDIKATOR | Mampu melengkapi teks rumpang dari monolog recount Mampu menjawab pertanyaan terkait Mampu mencocokkan percakapan dengan gambar Mampu mengerjakan latihan tentang alphabet Bahasa Inggris |
| MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks tulis dan lisan tentang biografi seseorang Daftar pertanyaan mengenai teks tersebut Teks lisan percakapan dan gambar percakapannya Pengucapan alphabet Bahasa Inggris |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
| PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya mengenai pendidikan di Indonesia |
| INTI | Siswa menyimak pengucapan alphabet Bahasa Inggris dan mengerjakan latihannya Siswa mendengarkan teks lisan biografi Rahman untuk melengkapi teks dan menjawab pertanyaan Siswa menyimak teks lisan percakapan untuk mencocokkannya dengan gambar |
| PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanya mengenai kesulitan dalam mendengarkan teks lisan |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16 |
| √ | Material: VCD, kaset, poster | | |
| Media cetak dan elektronik | | ||
| Website internet | | ||
| Narasumber | | ||
| Model peraga | | ||
| √ | Lingkungan | Pendidikan anak Indonesia | |
| Metode | Presentasi | | |
| √ | Diskusi kelompok | | |
| √ | Inquari | |
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
| √ | Tes Tertulis | |
| √ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
| √ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| | Pengukuran Sikap | |
| √ | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan Daftar pertanyaan mengenai teks rumpang tertulis Teks lisan percakapan dan gambar percakapannya | ||
| RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog bentuk recount
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
| Instrumen soal | Uraian | Skor |
| Pertanyaan tentang materi teks tulis | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
| Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | ½ ¼ 0 |
| Teks percakapan dengan gambar | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 2,25 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:


No comments:
Post a Comment