15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP11



BAHASA INGGRIS X RPP11
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 11


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis
Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, prosedur, dan recount
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan esai dan teks mengenai kebersihan lingkungan
Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks mengenai pembukaan restoran baru
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tentang kebersihan lingkungan
Teks tentang pembukaan restoran baru

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa membaca mengenai apa yang boleh/tidak boleh dilakukan untuk mendukung kesehatan lingkungan dan menuliskan hal-hal yang boleh/tidak boleh dilakukan di tabel.
INTI
Siswa membaca teks/ esai pendek tentang kebersihan lingkungan, menjawab pertanyaan terkait teks dan melakukan latihan kosakata
Siswa membaca teks naratif mengenai pembukaan restoran baru dan menjawab pertanyaan terkait teks
Siswa berlatih referen untuk teks pidato Rizal dan menjodohkan pernyataan sebab-akibat
Siswa diajarkan mengenai ungkapan command, request, suggestion dan diberikan latihan mengenai ungkapan ini
Siswa membaca informasi mengenai must/mustn’t do
Siswa membaca esai pendek yang menggunakan must/mustn’t do dan menjawab pertanyaan terkait esai pendek ini

PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa mengerjakan latihan kalimat berterima/tidak berterima 

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan terkait teks / esai pendek mengenai kebersihan lingkungan
Daftar kosakata dari teks mengenai kebersihan lingkungan 
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Teks dan esai pendek mengenai kebersihan lingkungan dan daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Daftar kosakata dari teks mengenai kebersihan lingkungan
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0

Mengetahui,                                                                                                 ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: