BAHASA INGGRIS X RPP11
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 11
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, prosedur, dan recount |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan esai dan teks mengenai kebersihan lingkungan Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks mengenai pembukaan restoran baru |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks tentang kebersihan lingkungan Teks tentang pembukaan restoran baru |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa membaca mengenai apa yang boleh/tidak boleh dilakukan untuk mendukung kesehatan lingkungan dan menuliskan hal-hal yang boleh/tidak boleh dilakukan di tabel. |
INTI | Siswa membaca teks/ esai pendek tentang kebersihan lingkungan, menjawab pertanyaan terkait teks dan melakukan latihan kosakata Siswa membaca teks naratif mengenai pembukaan restoran baru dan menjawab pertanyaan terkait teks Siswa berlatih referen untuk teks pidato Rizal dan menjodohkan pernyataan sebab-akibat Siswa diajarkan mengenai ungkapan command, request, suggestion dan diberikan latihan mengenai ungkapan ini Siswa membaca informasi mengenai must/mustn’t do Siswa membaca esai pendek yang menggunakan must/mustn’t do dan menjawab pertanyaan terkait esai pendek ini |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa mengerjakan latihan kalimat berterima/tidak berterima |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan terkait teks / esai pendek mengenai kebersihan lingkungan Daftar kosakata dari teks mengenai kebersihan lingkungan | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Teks dan esai pendek mengenai kebersihan lingkungan dan daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Daftar kosakata dari teks mengenai kebersihan lingkungan | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment