BAHASA INGGRIS X RPP23
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 23
| MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
| KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
| PROGRAM | Umum |
| ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
| TEMA | |
| STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount |
| KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, prosedur, dan recount |
| ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
| INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan teks mengenai astronomy Mampu menjawab pertanyaan referen dari teks mengenai astronomi Mampu menjawab pertanyaan Benar/Salah dari teks mengenai astronomi Mampu mengerjakan latihan kosakata dari teks mengenai astronomi Mampu memberi nama planet-planet Mampu menjawab esai pendek mengenai perjalanan luar angkasa Mampu menjawab latihan kalimat berterima |
| MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks mengenai astronomy Gambar planet-planet Esai pendek mengenai perjalanan luar angkasa |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
| PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa mencermati gambar-gambar planet dan memberi nama planet |
| INTI | Siswa membaca teks mengenai astronomi untuk menjawab pertanyaan teks, pertanyaan referen, pertanyaan Benar/Salah, dan latihan kosakata teks tersebut Siswa membaca esai pendek mengenai perjalanan luar angkasa dan menjawab pertanyaannya |
| PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa mengerjakan latihan kalimat berterima |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17 |
| √ | Material: VCD, kaset, poster | | |
| √ | Media cetak dan elektronik | | |
| √ | Website internet | | |
| Narasumber | | ||
| Model peraga | | ||
| Lingkungan | | ||
| Metode | √ | Presentasi | |
| √ | Diskusi kelompok | | |
| √ | Inquari | |
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
| √ | Tes Tertulis | |
| √ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
| √ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| √ | Pengukuran Sikap | |
| √ | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| pertanyaan teks mengenai astronomy pertanyaan referen dari teks mengenai astronomi pertanyaan Benar/Salah dari teks mengenai astronomi latihan kosakata dari teks mengenai astronomi menjawab pertanyaan esai pendek mengenai perjalanan luar angkasa | ||
| RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
| Instrumen soal | Uraian | Skor |
| pertanyaan teks mengenai astronomy | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 1 ½ 0 |
| pertanyaan referen dari teks mengenai astronomi | Jawaban sempurna Tidak menjawab | 1 0 |
| pertanyaan Benar/Salah dari teks mengenai astronomi | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
| latihan kosakata dari teks mengenai astronomi | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
| menjawab pertanyaan esai pendek mengenai perjalanan luar angkasa | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:


No comments:
Post a Comment