15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP27



BAHASA INGGRIS X RPP27
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 27


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis
Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, deskriptif, dan news item
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu melengkapi rumpang teks pakaian
Mampu menjawab pertanyaan mengenai teks pakaian
Mampu mengerjakan latihan kosakata teks pakaian
Mampu mengerjakan latihan referen teks pakaian
Mampu mengerjakan pertanyaan Benar/Salah teks percakapan Sari di Harrods
Mampu menjawab pertanyaan artikel Koran mengenai peragaan busana
Mampu mengidentifikasi adjektiva, adverbial, dan nomina dari email deskriptif
Mampu menjawab pertanyaan dari teks percakapan pendek
Mampu mencocokkan pertanyaan dan respon
Mampu mengerjakan soal peta harrods
Mampu mengisi rumpang surat lamaran pekerjaan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tentang pakaian dan latihan-latihan soalnya
Teks tentang Sari di Harrods dan pertanyaannya
artikel Koran mengenai peragaan busana dan pertanyaannya
email deskriptif
teks percakapan pendek mengenai tempat berlangsungnya percakapan
tabel pertanyaan dan respon
peta harrods dan pertanyaannya
surat lamaran pekerjaan

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa membaca teks percakapan Sari di Harrods dan menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut
INTI
Siswa membaca peta harrods dan mengerjakan soal
Siswa membaca teks pakaian, melengkapi rumpang teks pakaian, menjawab pertanyaan mengenai teks pakaian, mengerjakan latihan kosakata teks pakaian, dan mengerjakan latihan referen teks pakaian
Siswa membaca artikel Koran mengenai peragaan busana dan menjawab pertanyaannya
Informasi mengenai struktur teks deskriptif dan pertanyaan terkait struktur teks deskriptif
Siswa membaca email deskriptif untuk mengidentifikasi adjektiva, adverbial, dan nominanya

PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa membaca teks percakapan pendek dan menjawab pertanyaan
Siswa mengerjakan tabel pertanyaan dan respon
Siswa mengisi rumpang surat lamaran pekerjaan


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
teks rumpang pakaian
pertanyaan mengenai teks pakaian
latihan kosakata teks pakaian
latihan referen teks pakaian
pertanyaan artikel Koran mengenai peragaan busana
surat lamaran pekerjaan rumpang
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
teks rumpang pakaian
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
pertanyaan mengenai teks pakaian
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
1
½

0
latihan kosakata teks pakaian
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
latihan referen teks pakaian
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
pertanyaan artikel Koran mengenai peragaan busana
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
surat lamaran pekerjaan rumpang
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0

Mengetahui,                                                                                                 ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: