BAHASA INGGRIS X RPP27
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 27
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, deskriptif, dan news item |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu melengkapi rumpang teks pakaian Mampu menjawab pertanyaan mengenai teks pakaian Mampu mengerjakan latihan kosakata teks pakaian Mampu mengerjakan latihan referen teks pakaian Mampu mengerjakan pertanyaan Benar/Salah teks percakapan Sari di Harrods Mampu menjawab pertanyaan artikel Koran mengenai peragaan busana Mampu mengidentifikasi adjektiva, adverbial, dan nomina dari email deskriptif Mampu menjawab pertanyaan dari teks percakapan pendek Mampu mencocokkan pertanyaan dan respon Mampu mengerjakan soal peta harrods Mampu mengisi rumpang surat lamaran pekerjaan |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks tentang pakaian dan latihan-latihan soalnya Teks tentang Sari di Harrods dan pertanyaannya artikel Koran mengenai peragaan busana dan pertanyaannya email deskriptif teks percakapan pendek mengenai tempat berlangsungnya percakapan tabel pertanyaan dan respon peta harrods dan pertanyaannya surat lamaran pekerjaan |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa membaca teks percakapan Sari di Harrods dan menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut |
INTI | Siswa membaca peta harrods dan mengerjakan soal Siswa membaca teks pakaian, melengkapi rumpang teks pakaian, menjawab pertanyaan mengenai teks pakaian, mengerjakan latihan kosakata teks pakaian, dan mengerjakan latihan referen teks pakaian Siswa membaca artikel Koran mengenai peragaan busana dan menjawab pertanyaannya Informasi mengenai struktur teks deskriptif dan pertanyaan terkait struktur teks deskriptif Siswa membaca email deskriptif untuk mengidentifikasi adjektiva, adverbial, dan nominanya |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa membaca teks percakapan pendek dan menjawab pertanyaan Siswa mengerjakan tabel pertanyaan dan respon Siswa mengisi rumpang surat lamaran pekerjaan |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
teks rumpang pakaian pertanyaan mengenai teks pakaian latihan kosakata teks pakaian latihan referen teks pakaian pertanyaan artikel Koran mengenai peragaan busana surat lamaran pekerjaan rumpang | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
teks rumpang pakaian | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
pertanyaan mengenai teks pakaian | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 1 ½ 0 |
latihan kosakata teks pakaian | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
latihan referen teks pakaian | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
pertanyaan artikel Koran mengenai peragaan busana | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
surat lamaran pekerjaan rumpang | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment