15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP6



BAHASA INGGRIS X RPP6
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 6


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk menyatakan dan menanyakan pendapat tentang artikel kebebasan remaja
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu berdiskusi dan berpendapat tentang artikel kebebasan remaja
Mampu menjawab pertanyaan mengenai artikel kebebasan remaja
Mampu melakukan dialog menggunakan ungkapan terkejut dan perasaan bangga
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Potongan artikel mengenai kebebasan remaja
Daftar pertanyaan mengenai potongan artikel mengenai kebebasan remaja
Naskah penggunaan ungkapan terkejut dan perasaan bangga

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa membaca potongan artikel mengenai artikel kebebasan remaja dan berdiskusi hal ini
INTI
Siswa diajarkan ungkapan asking for, giving, refusing permission
Siswa diajarkan ungkapan terkejut dan perasaan bangga
Siswa diajarkan ungkapan likes/dislikes
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa melakukan wawancara menggunakan ungkapan yang telah diajarkan

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 8, 9, 14
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap
 √
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Siswa melakukan wawancara menggunakan ungkapan yang telah diajarkan
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar  : Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk berkenalan, bertemu/berpisah
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Siswa melakukan wawancara menggunakan ungkapan yang telah diajarkan
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog buruk
8-10
6-7
4-5


Mengetahui,                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: