BAHASA INGGRIS X RPP31
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 31
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, deskriptif, dan news item |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menuliskan nama-nama tempat wisata Mampu melengkapi rumpang teks tempat wisata Mampu menjawab latihan kosakata mengenai teks tempat wisata Mampu menjawab pertanyaan artikel koran bom Bali Mampu menjawab pertanyaan teks berlibur di pantai Mampu menjawab pertanyaan teks berjemur di pantai Mampu melengkapi rumpang kartu pos Mampu melengkapi rumpang teks deskripsi Mike Mampu mencocokkan pengumuman formal dengan bahasa sehari-hari Mampu melengkapi rumpang formulir pengajuan visa Mampu menjawab latihan kosakata tentang visa Mampu mencocokkan pertanyaan di visa dengan bahasa sehari-hari |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Gambar tempat wisata Teks rumpang tempat wisata dan latihan-latihannya Artikel koran bom Bali dan pertanyaanya Teks berlibur di pantai dan pertanyaanya Teks berjemur di pantai dan pertanyaanya Kartu pos rumpang Teks rumpang deskripsi Mike Tabel bahasa formal dan sehari-hari Formulir pengajuan visa dan latihan-latihannya |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya mengenai tempat wisata Siswa mencermati gambar tempat wisata dan menuliskan nama-nama tempat wisata |
INTI | Siswa membaca kartu pos dan melengkapi rumpang Siswa membaca artikel koran bom Bali dan menjawab pertanyaan artikel Siswa membaca teks berlibur di pantai menjawab pertanyaan Siswa membaca teks berjemur di pantai dan menjawab pertanyaan teks Siswa membaca teks rumpang tempat wisata, melengkapi rumpang teks, menjawab latihan kosakata, Siswa membaca teks deskripsi Mike dan melengkapi rumpang Siswa membaca melengkapi rumpang formulir pengajuan visa Siswa membaca menjawab latihan kosakata tentang visa Siswa membaca mencocokkan pertanyaan di visa dengan bahasa sehari |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa membaca pengumuman formal dengan bahasa sehari-hari dan mencocokkan hari |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
teks rumpang tempat wisata latihan kosakata teks tempat wisata menjawab pertanyaan artikel koran bom Bali melengkapi rumpang kartu pos dan melengkapi rumpang teks deskripsi Mike dan melengkapi rumpang formulir pengajuan visa latihan kosakata tentang visa mencocokkan pertanyaan di visa dengan bahasa sehari-hari | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
teks rumpang tempat wisata | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 1 ½ 0 |
latihan kosakata teks tempat wisata | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
menjawab pertanyaan artikel koran bom Bali | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 1 ½ 0 |
melengkapi rumpang kartu pos dan | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
melengkapi rumpang teks deskripsi Mike dan | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
melengkapi rumpang formulir pengajuan visa | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
latihan kosakata tentang visa | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
mencocokkan pertanyaan di visa dengan bahasa sehari-hari | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment