15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP31



BAHASA INGGRIS X RPP31
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 31


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis
Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, deskriptif, dan news item
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menuliskan nama-nama tempat wisata
Mampu melengkapi rumpang teks tempat wisata
Mampu menjawab latihan kosakata mengenai teks tempat wisata
Mampu menjawab pertanyaan artikel koran bom Bali
Mampu menjawab pertanyaan teks berlibur di pantai
Mampu menjawab pertanyaan teks berjemur di pantai
Mampu melengkapi rumpang kartu pos
Mampu melengkapi rumpang teks deskripsi Mike
Mampu mencocokkan pengumuman formal dengan bahasa sehari-hari
Mampu melengkapi rumpang formulir pengajuan visa
Mampu menjawab latihan kosakata tentang visa
Mampu mencocokkan pertanyaan di visa dengan bahasa sehari-hari
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Gambar tempat wisata
Teks rumpang tempat wisata dan latihan-latihannya
Artikel koran bom Bali dan pertanyaanya
Teks berlibur di pantai dan pertanyaanya
Teks berjemur di pantai dan pertanyaanya
Kartu pos rumpang
Teks rumpang deskripsi Mike
Tabel bahasa formal dan sehari-hari
Formulir pengajuan visa dan latihan-latihannya

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya mengenai tempat wisata
Siswa mencermati gambar tempat wisata dan menuliskan nama-nama tempat wisata
INTI
Siswa membaca kartu pos dan melengkapi rumpang
Siswa membaca artikel  koran bom Bali dan menjawab pertanyaan artikel
Siswa membaca teks berlibur di pantai menjawab pertanyaan
Siswa membaca teks berjemur di pantai dan menjawab pertanyaan teks
Siswa membaca teks rumpang tempat wisata, melengkapi rumpang teks, menjawab latihan kosakata,
Siswa membaca teks deskripsi Mike dan melengkapi rumpang
Siswa membaca melengkapi rumpang formulir pengajuan visa
Siswa membaca menjawab latihan kosakata tentang visa
Siswa membaca mencocokkan pertanyaan di visa dengan bahasa sehari
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa membaca pengumuman formal dengan bahasa sehari-hari dan mencocokkan hari

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
teks rumpang tempat wisata
latihan kosakata teks tempat wisata
menjawab pertanyaan artikel koran bom Bali
melengkapi rumpang kartu pos dan
melengkapi rumpang teks deskripsi Mike dan
melengkapi rumpang formulir pengajuan visa
latihan kosakata tentang visa
mencocokkan pertanyaan di visa dengan bahasa sehari-hari
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
teks rumpang tempat wisata
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
1
½

0
latihan kosakata teks tempat wisata
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
menjawab pertanyaan artikel koran bom Bali
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
1
½

0
melengkapi rumpang kartu pos dan
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
melengkapi rumpang teks deskripsi Mike dan
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
melengkapi rumpang formulir pengajuan visa
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
latihan kosakata tentang visa
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
mencocokkan pertanyaan di visa dengan bahasa sehari-hari
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0

Mengetahui,                                                                                                 ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: