SEJARAH VIII RPP 19
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan proses terbentuknya negara dan
pemerintahan Republik Indonesia beserta kelengkapannya
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan proses terbentuknya negara dan pemerintahan Republik Indonesia beserta kelengkapannya
B. Materi Pembelajaran
- Proses terbentuknya negara dan pemerintahan Republik Indonesia beserta kelengkapannya
C. Metode Pembelajaran
Diskusi dan pemberian tugas melalui ICT
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Siapa yang memilih Soekarno dan Moh. Hatta sebagai presiden dan wakil presiden?”.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik mencari artikel dari buku, majalah, surat kabar atau internet tentang proses terbentuknya lembaga pemerintahan Indonesia kemudian mendiskusikannya (Unjuk Kerja hal 143).
· Guru menjelaskan tentang sejarah Tentara Nasional Indonesia.
· Peserta didik ditugaskan membuat makalah bertema “Sejarah BKR hingga TNI” dengan mencari informasi dari buku, majalah, surat kabar atau internet (Portofolio hal 143 – 144).
· Guru menjelaskan tentang maklumat pemerintah tanggal 3 November 1945 dan 16 Oktober 1945.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 131 - 146)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Unjuk kerja mencari artikel dari buku, majalah, surat kabar atau internet tentang proses terbentuknya lembaga pemerintahan Indonesia kemudian mendiskusikannya (Unjuk Kerja hal 143).
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) |
| Pengetahuan tentang proses terbentuknya lembaga pemerintahan Indonesia |
|
|
|
|
| Kemampuan mencari artikel ataupun tulisan tentang proses terbentuknya lembaga pemerintahan Indonesia |
|
|
|
|
| Partisipasi dalam diskusi (sharing) |
|
|
|
|
| Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dalam diskusi |
|
|
|
|
| Nilai rata-rata |
|
|
|
|
| Komentar |
- Portofolio dalam bentuk makalah bertema “Sejarah BKR hingga TNI” dengan mencari informasi dari buku, majalah, surat kabar atau internet (Portofolio hal 143 – 144).
Rubrik Penilaian
Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) |
Pemahaman tentang konsep sejarah |
|
|
|
|
Pemahaman tentang sejarah BKR hingga TNI |
|
|
|
|
Kemampuan membuat makalah |
|
|
|
|
Kualitas bahasa dalam makalah |
|
|
|
|
Kemampuan menjelaskan makalah |
|
|
|
|
Nilai rata-rata |
|
|
|
|
Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK........