SEJARAH VIII RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar : 1.2. Menguraikan Proses Terbentuknya Kesadaran Nasional,
Identitas Indonesia, dan Perkembangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat
etnik kedaerahan
- Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat keagamaan
- Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat nasional
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat etnik kedaerahan
- Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat keagamaan
- Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat nasional
B. Materi Pembelajaran
- Organisasi pergerakan yang bersifat etnik kedaerahan
- Organisasi pergerakan yang bersifat keagamaan
- Organisasi pergerakan yang bersifat nasional
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Sebutkan organisasi etnik pertama di Indonesia?”.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan mengenai organisasi pergerakan yang bersifat etnik kedaerahan.
· Tanya jawab mengenai organisasi pergerakan yang bersifat keagamaan.
· Guru menjelaskan mengenai organisasi pergerakan yang bersifat nasional.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik ditugaskan mengerjakan Skala Sikap (hal 82).
· Peserta didik ditugaskan mengerjakan portofolio berbentuk karangan mengenai PNI dan PKI (Portofolio hal 80). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
· Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 80).
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 65 - 82)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Skala Sikap (hal 82)
- Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 80).
Kunci Jawaban
Uji Kompetensi
A.
1. a
2. a
3. c
4. a
5. b
B.
1. Moh. Hatta dan Moh Yamin
2. Soetomo
3. E.F.E. Douwes Dekker
4. H.J.F.M Sneevliet
5. Ir. Soekarno dan sejumlah temannya
- Portofolio berbentuk karangan mengenai PNI dan PKI (Portofolio hal 80). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Pengantar menunjukkan isi karangan | | | | |
| Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
| Isi menunjukkan maksud dari kutipan/pendapat tersebut | | | | |
| Isi menunjukkan sikap terhadap kutipan/pendapat tersebut | | | | |
| Isi menunjukkan alasan sikap terhadap kutipan/pendapat tersebut | | | | |
| Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
| Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tersebut | | | | |
| Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment