06 May 2011

Sejarah SMP VIII RPP 10



SEJARAH VIII RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar                   : 1.2. Menguraikan Proses Terbentuknya Kesadaran Nasional,     
Identitas Indonesia, dan Perkembangan Pergerakan  Kebangsaan Indonesia
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat
                                                        etnik kedaerahan
-          Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat keagamaan
-          Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat nasional
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat etnik kedaerahan
  • Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat keagamaan
  • Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat nasional

B.     Materi Pembelajaran
  • Organisasi pergerakan yang bersifat etnik kedaerahan
  • Organisasi pergerakan yang bersifat keagamaan
  • Organisasi pergerakan yang bersifat nasional

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Sebutkan organisasi etnik pertama di Indonesia?”.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan mengenai organisasi pergerakan yang bersifat etnik kedaerahan.
·         Tanya jawab mengenai organisasi pergerakan yang bersifat keagamaan.
·         Guru menjelaskan mengenai organisasi pergerakan yang bersifat nasional.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik ditugaskan mengerjakan Skala Sikap (hal 82).
·         Peserta didik ditugaskan mengerjakan portofolio berbentuk karangan mengenai PNI dan PKI (Portofolio hal 80). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 80).
E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 65 - 82)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
  • Skala Sikap (hal 82)
  • Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 80).
Kunci Jawaban
Uji Kompetensi

A.
1. a
2. a
3. c
4. a
5. b

B.
1. Moh. Hatta dan Moh Yamin
2. Soetomo
3. E.F.E. Douwes Dekker
4. H.J.F.M Sneevliet
5. Ir. Soekarno dan sejumlah temannya

  • Portofolio berbentuk karangan mengenai PNI dan PKI (Portofolio hal 80). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengantar menunjukkan isi karangan





Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik





Isi menunjukkan maksud dari kutipan/pendapat tersebut





Isi menunjukkan sikap terhadap kutipan/pendapat tersebut





Isi menunjukkan alasan sikap terhadap kutipan/pendapat tersebut





Isi disajikan dengan bahasa yang baik





Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tersebut





Penutup disajikan dengan bahasa yang baik





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55




Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: