Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 May 2011

Sejarah SMP VIII RPP 16



SEJARAH VIII RPP 16
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VIII (delapan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi
                                                         Kemerdekaan Indonesia
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan kronologi proklamasi kemerdekaan
                                                        Indonesia
Alokasi Waktu                        : 3 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
·         Kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia

C.    Metode Pembelajaran
Bermain peran

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menerangkan garis besar materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia.
·         Guru bersama peserta didik mempersiapkan dialog dan pembagian peran untuk bermain peran dengan tema “Proklamasi Kemerdekaan Indonesia”.
·         Peserta didik menampilkan permainan peran dengan tema “Proklamasi Kemerdekaan Indonesia”.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Skala Sikap (hal 129). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 113 - 130)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet
F.     Penilaian
  • Skala Sikap (hal 129). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.


Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran




……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: