SEJARAH VIII RPP 16
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan kronologi proklamasi kemerdekaan
Indonesia
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia
B. Materi Pembelajaran
· Kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Bermain peran
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menerangkan garis besar materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia.
· Guru bersama peserta didik mempersiapkan dialog dan pembagian peran untuk bermain peran dengan tema “Proklamasi Kemerdekaan Indonesia”.
· Peserta didik menampilkan permainan peran dengan tema “Proklamasi Kemerdekaan Indonesia”.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan Skala Sikap (hal 129). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 113 - 130)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Skala Sikap (hal 129). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment