SEJARAH VII RPP 21
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan
dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia
serta peninggalan-peninggalannya
Indikator : Menyusun secara kronologi perkembangan kerajaan-kerajaan
Islam di Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Menyusun secara kronologi perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
B. Materi Pembelajaran
· Perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Diskusi dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik tentang Sultan Agung Mataram dan perannya dalam menghadapi VOC.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Diskusi mengenai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 107 - 126)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Unjuk kerja dalam bentuk diskusi mengenai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
Rubrik Penilaian
Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengetahuan tentang perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. | | | | |
Partisipasi dalam diskusi (sharing) | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment