06 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 21



SEJARAH VII RPP 21
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
                                                      Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan   
                                                         dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia
                                                         serta peninggalan-peninggalannya
Indikator                                 : Menyusun secara kronologi perkembangan kerajaan-kerajaan    
  Islam di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Menyusun secara kronologi perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
·         Perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

C.    Metode Pembelajaran
Diskusi dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik tentang Sultan Agung Mataram dan perannya dalam menghadapi VOC.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Diskusi mengenai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 107 - 126)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
  • Unjuk kerja dalam bentuk diskusi mengenai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.


Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.




Partisipasi dalam diskusi (sharing)




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar

Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55







Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: