SEJARAH VIII SIALBUS 1
Nama Sekolah : SMP SILABUS
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VIII/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1. Menjelaskan Proses Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Barat, serta Pengaruh yang Ditimbulkannya di Berbagai Daerah | Perkembangan Kolonialisme Bangsa Barat Pasca VOC · Perkembangan Pemerintah Kolonial Pasca VOC di Indonesia · Kebijakan-Kebijakan Pemerintah Kolonial Pasca VOC di Indonesia | · Mendeskripsikan kekuasaan Daendels dan Raffles di Indonesia · Mendiskusikan kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial pasca VOC di berbagai daerah di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya | · Mendeskripsikan perkembangan pemerintah kolonial pasca VOC di Indonesia · Mengidentifikasi kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial pasca VOC di berbagai daerah di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya | · Porto-folio · Unjuk Kerja | · Karangan · Diskusi Jigsaw | · Sartono Kartodirdjo berpendapat bahwa politik kolonial Raffles bertolak dari ideologi liberal dan bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan memberi kebebasan! Menurutmu, apa maksud dari pendapat tersebut (Karangan hal 26) · Diskusikanlah mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial pasca VOC di berbagai daerah di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 1 – 28) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
· Pengaruh Kebijakan Pemerintah Kolonial Pasca VOC terhadap Rakyat Indonesia dan Perbedaan Pengaruh Kolonial Pasca VOC di Pulau Jawa dan Luar Pulau Jawa | · Mencari artikel di internet pada situs www.gimonca.com (Dunia Maya hal 13) mengenai pengaruh kebijakan pemerintah kolonial Inggris dan Belanda pasca VOC dan perbedaan pengaruh kolonial pasca VOC di Jawa dan luar Jawa | · Mengidentifikasi pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial pasca VOC di berbagai daerah di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya | · Porto-folio | · Rangkuman | · Buatlah rangkuman berdasarkan artikel yang didapat dari internet mengenai kebijakan pemerintah kolonial Inggris dan Belanda pasca VOC! | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 1 – 28) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Perlawanan Rakyat Indonesia Menentang Kolonialisme Bangsa Barat Periode Sesudah Tahun 1800 | · Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat Indonesia dalam menentang kolonialisme bangsa barat periode sesudah tahun 1800 · Menunjukkan pada peta mengenai lokasi perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah | · Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat Indonesia dalam menentang kolonialisme bangsa barat periode sesudah tahun 1800 · Menunjukkan pada peta mengenai lokasi perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah | · Tes Tertulis · Tes Lisan | · Pilihan Ganda · Isian · Soal Peta | · Sebab khusus perlawanan Diponegoro adalah ... a. Belanda membangun jalan melintasi makam leluhur Diponegoro tanpa ijin b. Perdagangan selalu dihalangi Belanda c. Terbunuhnya ayah Diponegoro d. Perebutan wilayah (Uji Kompetensi hal 25) · Seorang pejuang wanita dari Maluku adalah ... (Uji Kompetensi hal 26) · Tunjukkanlah letak perlawanan Tuanku Imam Bonjol! | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 1 – 28) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
Perkembangan Agama Kristen di Indonesia · Lahir dan Berkembangnya Agama Kristen · Perkembangan Agama Kristen Katolik di Indonesia | · Mencari artikel di internet dan mendiskusikan proses lahir dan berkembangnya agama Kristen · Mendeskripsikan proses masuk dan berkembangnya pengaruh Kristen Katolik di Indonesia dan menjelaskan peta penyebaran agama Katolik di Indonesia (Gambar 2.4 hal 34) | · Mendeskripsikan proses lahir dan berkembangnya agama Kristen · Mendeskripsikan proses masuk dan berkembangnya pengaruh Kristen Katolik di Indonesia | · Unjuk Kerja · Porto-folio | · Diskusi · Kliping | · Diskusikanlah mengenai proses lahir dan berkembangnya agama Kristen berdasarkan informasi yang didapatkan dari internet! · Buatlah sebuah kliping dari majalah, surat kabar atau internet mengenai artikel berisi profil, gambar-gambar atau foto gereja yang bersejarah di Indonesia! (Portofolio hal 39) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 29 – 40) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Perkembangan Agama Kristen Protestan di Indonesia | · Mendeskripsikan proses masuk dan berkembangnya pengaruh Kristen Protestan di Indonesia dan mencari artikel di internet mengenai Gereja Protestan di Indonesia pada situs www.pgi.org.id (Dunia Maya hal 35) | · Mendeskripsikan proses masuk dan berkembangnya pengaruh Kristen Protestan di Indonesia | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Isian | · Agama Kristen Protestan dibawa ke Indonesia oleh bangsa ... a. Inggris b. Spanyol c. Portugis d. Belanda (Uji Kompetensi hal 37) · Judul buku yang ditulis Martin Luther dan sangat berpengaruh bagi umat Kristen adalah ... (Uji Kompetensi hal 38) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 29 – 40) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Nama Sekolah : SMP SILABUS
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VIII/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.2. Menguraikan Proses Terbentuknya Kesadaran Nasional, Identitas Indonesia, dan Perkembangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia | Munculnya Nasionalisme Indonesia · Pengertian Nasionalisme atau Kesadaran Nasional · Pengaruh Perluasan Kekuasaan Kolonial Barat | · Mencari artikel di internet mengenai pengertian nasionalisme · Mengidentifikasi pengaruh perluasan kekuasaan kolonial barat terhadap munculnya nasionalisme di Indonesia | · Mendeskripsikan pengertian nasionalisme atau kesadaran nasional · Mengidentifikasi pengaruh perluasan kekuasaan kolonial barat terhadap munculnya nasionalisme di Indonesia | · Portofolio · Tes Tertulis | · Karya Tulis · Pilihan Ganda · Isian | · Dengan menggunakan search engine seperti yahoo.com atau google.com, ketiklah kata nasionalisme. Kalian akan menemukan artikel maupun situs tentang pengertian nasionalisme. Kumpulkan hasil temuan kalian dalam bentuk tulisan mengenai nasionalisme beserta alamat situs yang kalian dapatkan! (Dunia Maya hal 43) · Kebijakan Politik Etis dapat meningkatkan nasionalisme karena ... a. Politik Etis berisi kebijakan eksploitasi b. Tertuang point penyelenggaraan pendidikan c. Politik Etis lahir akibat desakan bangsa Indonesia d. Belanda tidak pernah menjalankan Politik Etis (Uji Kompetensi hal 50) · Nama lain politik balas budi yang dilakukan Belanda kepada Indonesia adalah ... (Uji Kompetensi hal 50) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 41 –52) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
· Pengaruh Perkembangan Pendidikan Barat · Pengaruh Perkembangan Pendidikan Islam | · Mendiskusikan kondisi pendidikan Indonesia pada masa pemerintah kolonial dengan kondisi pendidikan pada saat ini · Mengidentifikasi pengaruh perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme di Indonesia | · Mengidentifikasi pengaruh perkembangan pendidikan barat terhadap munculnya nasionalisme di Indonesia · Mengidentifikasi pengaruh perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme di Indonesia | · Unjuk Kerja · Produk | · Diskusi · Miniatur sekolah | · Carilah artikel dari buku, majalah, atau internet mengenai kondisi pendidikan di Indonesia saat ini. Kemudian diskusikanlah hasil kerja kalian, apakah kondisi pendidikan di Indonesia saat ini sama ataukah berbeda dengan pendidikan masa pemerintah kolonial Belanda! (Unjuk Kerja hal 51) · Buatlah sebuah miniatur sekolah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kalian, seperti kayu, karton, baik baru maupun bekas! Setelah itu bagilah “resep” atau cara membuat benda tersebut pada temanmu. (Produk hal 52) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 41 –52) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
Menumbuhkembangkan Kesadaran Nasional Indonesia · Peranan Kaum Terpelajar dan Kaum Profesional | · Mengidentifikasi peranan kaum terpelajar dan kaum profesional dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia | · Mengidentifikasi peranan kaum terpelajar dan kaum profesional dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Isian | · Organisasi yang didirikan oleh para pelajar STOVIA adalah ... (Uji Kompetensi hal 62) a. Budi Utomo c. Perhimpunan Indonesia b. Sarekat Islam d. Partai Nasional Indonesia · Perhimpunan Indonesia didirikan oleh pelajar Indonesia yang sedang bersekolah di negara ... (Uji Kompetensi hal 62) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 53 –64) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Peranan Pers | · Pembelajaran inquiri mengenai peranan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia | · Mengidentifikasi peranan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia | · Produk | · Koran Sekolah | · Buatlah sebuah koran sekolah yang isinya bertemakan tentang dunia pendidikan di Indonesia! Setelah itu, bagilah “resep” atau cara menyusun koran sekolah tersebut pada temanmu. (Produk hal 64) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 53 –64) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
Perkembangan Organisasi Pergerakan di Indonesia · Organisasi Pergerakan yang Bersifat Etnik Kedaerahan · Organisasi Pergerakan yang Bersifat Keagamaan · Organisasi Pergerakan yang Bersifat Nasional | · Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat etnik kedaerahan · Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat keagamaan · Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat nasional | · Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat etnik kedaerahan · Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat keagamaan · Mendeskripsikan organisasi pergerakan yang bersifat nasional | · Tes Tertulis · Skala Sikap · Portofolio | · Pilihan Ganda · Isian · Skala Sikap · Karangan | · Tri Koro Dharmo mempunyai arti ... (Uji Kompetensi hal 80) a. tiga tujuan mulia c. tiga keputusan mulia b. tiga maksud mulia d. tiga kepentingan mulia · Pimpinan Jong Sumatranen Bond adalah ... (Uji Kompetensi hal 80) · SI merupakan organisasi massa pertama yang mencerminkan persatuan umat Islam (Skala Sikap hal 82) · Jelaskan perbedaan sikap nonkooperatif yang dilakukan PKI dan PNI dalam menghadapi pemerintah kolonial Belanda! (Portofolio hal 80) | 2x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 65 – 82) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
Pembentukan Identitas Nasional · Istilah Indonesia sebagai Identitas Nasional · Peran Manifesto Politik 1925 | · Mencari artikel di internet menggunakan search engine yahoo.com atau google mengenai asal usul nama Indonesia · Tes lisan mengenai peran manifesto politik 1925 dalam proses pembentukan identitas kebangsaan nasional | · Mendeskripsikan istilah Indonesia sebagai identitas nasional · Mengidentifikasi peran manifesto politik 1925 dalam proses pembentukan identitas kebangsaan nasional | · Portofolio · Tes Lisan | · Karya Tulis · Soal Manifesto Politik | · Kumpulkanlah hasil temuan kalian dari internet mengenai asal usul nama Indonesia dalam bentuk tulisan beserta sumber alamat situs yang kalian dapat! (Dunia Maya hal 86) · Bagaimana penerapan Manifesto Politik yang dikemukakan oleh Perhimpunan Indonesia? | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 83 – 98) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Peran Kongres Pemuda 1928 · Peran Kongres Perempuan Pertama | · Mencari artikel mengenai sejarah Sumpah Pemuda dan gedungnya di internet pada situs www.museumsumpahpemuda.go.id · Mengidentifikasi peran Kongres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan nasional | · Mengidentifikasi peran Kongres Pemuda 1928 dalam proses pembentukan identitas kebangsaan nasional · Mengidentifikasi peran Kongres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan nasional | · Portofolio · Tes Tertulis | · Makalah · Pilihan Ganda · Isian · Uraian | · Buatlah sebuah makalah (4-5 halaman) bertema “Sejarah Kongres Pemuda I-II dalam Kaitannya dengan Pergerakan Nasional di Indonesia”! (Portofolio hal 94) · Tokoh perintis pendidikan perempuan pertama di Indonesia adalah ... a. R. Dewi Sartika b. Kardinah Reksonegoro c. R. A. Kartini d. Sari Pamerat (Uji Kompetensi hal 93 dan Evaluasi Semester 1 hal 96 - 98) · Tujuan berdirinya perkumpulan Poetri Mardika adalah ... (Uji Kompetensi hal 93) · Jelaskan awal mula nama Indonesia dipergunakan! (Evaluasi Semester 1 hal 98) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 83 – 98) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
No comments:
Post a Comment