06 May 2011

Sejarah SMP VIII RPP 17



SEJARAH VIII RPP 17
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VIII (delapan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi
                                                         Kemerdekaan Indonesia
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan penyebarluasan berita proklamasi 
                                                        kemerdekaan Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan penyebarluasan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
·         Penyebarluasan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan “Siapa yang pertama kali mendengar berita kekalahan Jepang terhadap Sekutu?”.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan proses penyebarluasan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan portofolio berbentuk kliping berupa artikel dan foto mengenai proklamasi kemerdekaan Indonesia dan keadaan setelah pembacaan proklamasi kemerdekaan. Kliping disertai dengan kesimpulan pada bagian akhir (Portofolio hal 129). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 113 - 130)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
  • Portofolio berbentuk kliping berupa artikel dan foto mengenai proklamasi kemerdekaan Indonesia dan keadaan setelah pembacaan proklamasi kemerdekaan. Kliping disertai dengan kesimpulan pada bagian akhir (Portofolio hal 129). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian   
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang konsep berita proklamasi kemerdekaan Indonesia




Pengetahuan tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia dan keadaan setelahnya




Kualitas kliping




Sistematika kliping




Kesesuaian kliping dengan tugas yang diberikan




Kerapian kliping




Nilai rata-rata




Komentar

Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55






Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran




……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................


No comments: