SEJARAH VIII RPP 17
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan penyebarluasan berita proklamasi
kemerdekaan Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan penyebarluasan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia
B. Materi Pembelajaran
· Penyebarluasan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan “Siapa yang pertama kali mendengar berita kekalahan Jepang terhadap Sekutu?”.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan proses penyebarluasan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan portofolio berbentuk kliping berupa artikel dan foto mengenai proklamasi kemerdekaan Indonesia dan keadaan setelah pembacaan proklamasi kemerdekaan. Kliping disertai dengan kesimpulan pada bagian akhir (Portofolio hal 129). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 113 - 130)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Portofolio berbentuk kliping berupa artikel dan foto mengenai proklamasi kemerdekaan Indonesia dan keadaan setelah pembacaan proklamasi kemerdekaan. Kliping disertai dengan kesimpulan pada bagian akhir (Portofolio hal 129). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengetahuan tentang konsep berita proklamasi kemerdekaan Indonesia | | | | |
Pengetahuan tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia dan keadaan setelahnya | | | | |
Kualitas kliping | | | | |
Sistematika kliping | | | | |
Kesesuaian kliping dengan tugas yang diberikan | | | | |
Kerapian kliping | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment