SEJARAH VII RPP 25
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar : 2.3. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan
dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
Indikator : - Mengidentifikasi pengaruh kebijakan pemerintah kolonial
terhadap kehidupan rakyat Indonesia
- Mengidentifikasi perbedaan pengaruh kolonial di Pulau Jawa dan Luar Jawa
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mengidentifikasi pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap rakyat Indonesia
- Mengidentifikasi perbedaan pengaruh kolonial di Jawa dan Luar Jawa
B. Materi Pembelajaran
· Pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap rakyat Indonesia
· Perbedaan pengaruh kolonial di Jawa dan Luar Jawa
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, pemberian tugas, tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik mengenai pengaruh penerapan sistem tanam paksa.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan secara klasikal mengenai pengaruh kebijakan kolonial terhadap kehidupan rakyat Indonesia dan perbedaan pengaruhnya di Pulau Jawa dan Luar Pulau Jawa.
· Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 140 – 141).
· Peserta didik ditugaskan membuat makalah (4 – 5 halaman) bertema “Kolonialisme Bangsa Barat di Indonesia”. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 127 - 146)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
· Portofolio dalam bentuk makalah (4 – 5 halaman) bertema “Kolonialisme Bangsa Barat di Indonesia”. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Pengetahuan tentang konsep kolonialisme barat | | | | |
| Pemahaman tentang ciri-ciri kolonialisme barat di Indonesia | | | | |
| Kemampuan membuat makalah | | | | |
| Kualitas bahasa dalam makalah | | | | |
| Kemampuan menjelaskan makalah | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
· Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 140 – 141).
Kunci Jawaban
A.
1. c
2. c
3. b
4. a
5. c
B.
1. Glory
2. Alfonso d’Albuquerque
3. hak monopoli
4. Pieter Both
5. Sultan Iskandar Muda
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment