Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 18



SEJARAH VII RPP 18
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
                                                      Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan   
                                                         dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia
                                                         serta peninggalan-peninggalannya
Indikator                                 :  -    Mendeskripsikan masa sebelum Islam dan lahirnya Islam
-            Menyusun secara kronologis perkembangan agama Islam di Asia Barat 
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan masa sebelum Islam dan lahirnya Islam
  • Menyusun secara kronologis perkembangan agama Islam di Asia Barat 

B.     Materi Pembelajaran
  • Masa sebelum Islam dan lahirnya Islam
  • Perkembangan agama Islam di Asia Barat 

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah dan pemberian tugas melalui ICT

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik pengertian zaman jahiliyah dan seperti apa kehidupan pada zaman tersebut.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru memberikan informasi tentang lahirnya agama Islam.
·         Guru menugaskan peserta didik membuka situs di internet dengan alamat http://bbc.co.uk/religion/religions/islam mengenai agama dan kebudayaan Islam dan membuat rangkuman berdasarkan artikel di situs tersebut (Dunia Maya hal 93). Rangkuman dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi Skala Sikap (Uji Kompetensi 106).

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 91 - 106)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
·         Portofolio dalam bentuk rangkuman dari artikel internet mengenai agama dan kebudayaan Islam (Dunia Maya hal 93). Rangkuman dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Kesesuaian rangkuman dengan isi artikel





Rangkuman dilengkapi dengan gambar mengenai kebudayaan Islam





Kualitas rangkuman





Kerapian rangkuman





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55







Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: