SEJARAH VII RPP 18
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan
dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia
serta peninggalan-peninggalannya
Indikator : - Mendeskripsikan masa sebelum Islam dan lahirnya Islam
- Menyusun secara kronologis perkembangan agama Islam di Asia Barat
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan masa sebelum Islam dan lahirnya Islam
- Menyusun secara kronologis perkembangan agama Islam di Asia Barat
B. Materi Pembelajaran
- Masa sebelum Islam dan lahirnya Islam
- Perkembangan agama Islam di Asia Barat
C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan pemberian tugas melalui ICT
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik pengertian zaman jahiliyah dan seperti apa kehidupan pada zaman tersebut.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru memberikan informasi tentang lahirnya agama Islam.
· Guru menugaskan peserta didik membuka situs di internet dengan alamat http://bbc.co.uk/religion/religions/islam mengenai agama dan kebudayaan Islam dan membuat rangkuman berdasarkan artikel di situs tersebut (Dunia Maya hal 93). Rangkuman dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi Skala Sikap (Uji Kompetensi 106).
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 91 - 106)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
· Portofolio dalam bentuk rangkuman dari artikel internet mengenai agama dan kebudayaan Islam (Dunia Maya hal 93). Rangkuman dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Kesesuaian rangkuman dengan isi artikel | | | | |
| Rangkuman dilengkapi dengan gambar mengenai kebudayaan Islam | | | | |
| Kualitas rangkuman | | | | |
| Kerapian rangkuman | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment