SEJARAH VII RPP 19
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan
dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia
serta peninggalan-peninggalannya
Indikator : Mendeskripsikan proses masuk dan berkembangnya
agama Islam di wilayah Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan proses masuk dan berkembangnya agama Islam di wilayah Indonesia
B. Materi Pembelajaran
· Proses masuk dan berkembangnya agama Islam di wilayah Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik siapa yang paling berperan dalam membawa masuk pengaruh agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan secara klasikal mengenai proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia.
· Guru dan peserta didik melakukan diskusi mengenai proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi 103 – 104).
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 91 - 106)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
· Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 86 – 87).
Kunci Jawaban
A.
1. b
2. d
3. a
4. c
5. b
B.
1. Arab
2. para khalifah
3. Sunan Kalijaga
4. Samudra Pasai
5. Mataram Islam
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment