SEJARAH VIII RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar : 1.2. Menguraikan Proses Terbentuknya Kesadaran Nasional,
Identitas Indonesia, dan Perkembangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan pengertian nasionalisme atau kesadaran nasional
- Mengidentifikasi pengaruh perluasan kekuasaan kolonial barat terhadap munculnya nasionalisme di Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan pengertian nasionalisme atau kesadaran nasional
- Mengidentifikasi pengaruh perluasan kekuasaan kolonial barat terhadap munculnya nasionalisme di Indonesia
B. Materi Pembelajaran
· Pengertian nasionalisme atau kesadaran nasional
· Pengaruh perluasan kekuasaan kolonial barat
C. Metode Pembelajaran
Pembelajaran melalui ICT dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Apa pengertian nasionalisme?”.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menugaskan peserta didik mencari artikel maupun situs tentang pengertian nasionalisme dengan menggunakan search engine yahoo.com atau google.com. Hasil temuan dikumpulkan berupa portofolio dalam bentuk karya tulis beserta alamat situs yang didapatkan (Dunia Maya hal 43). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
· Guru menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial barat terhadap munculnya nasionalisme di Indonesia
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 50).
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 41 - 52)
- Peta konsep
- Power point
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
- Portofolio dalam bentuk karya tulis mengenai pengertian nasionalisme dengan menggunakan search engine yahoo.com atau google.com (Dunia Maya hal 43). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Pengetahuan tentang konsep nasionalisme | | | | |
| Pemahaman tentang konsep nasionalisme | | | | |
| Kualitas karya tulis | | | | |
| Sistematika karya tulis | | | | |
| Kesesuaian karya tulis dengan tugas yang diberikan | | | | |
| Kerapian karya tulis | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
- Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 50).
Kunci Jawaban
Uji Kompetensi
A.
1. b
2. c
3. b
4. c
5. c
B.
1. Politik Etis
2. Muhammadiyah
3. STOVIA
4. Taman Peserta didik
5. Moch. Syafei
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment