Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 23



SEJARAH VII RPP 23
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
                                                      Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar                   : 2.3. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan   
                                                         dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
Indikator                                 :  -    Menguraikan sebab dan tujuan kedatangan bangsa Barat
                                                        ke Indonesia
-    Mendeskripsikan proses kedatangan dan terbentuknya kekuasaan kolonial di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Menguraikan sebab dan tujuan kedatangan bangsa barat ke Indonesia
  • Mendeskripsikan proses kedatangan dan terbentuknya kekuasaan kolonial di Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
·         Sebab dan tujuan kedatangan bangsa barat ke Indonesia
·         Proses kedatangan dan terbentuknya kekuasaan kolonial di Indonesia

C.    Metode Pembelajaran
Diskusi jigsaw dan pemberian tugas melalui ICT

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik mengenai VOC.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru membagi kelas dalam empat kelompok dan materi dibagi dalam empat sub bab (sebab, tujuan, proses terbentuknya kekuasaan kolonial, dan jalur kedatangan bangsa Barat ke Indonesia). Setiap kelompok membahas satu sub bab yang berbeda. Setelah itu guru menunjuk satu orang dari setiap kelompok untuk mengajarkan materi yang telah dipelajari kepada kelompok yang lain.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi 123 – 124).
·         Peserta didik ditugaskan membuka situs di internet mengenai kolonialisme barat dengan alamat http://www.gimonca.com/sejarah/sejarah 03.shtml dan http://www.colonialvoyage.com. Kemudian membuat rangkuman berdasarkan artikel-artikel tersebut. (Dunia Maya hal 129) Tugas dikerjakan di rumah dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 127 - 146)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
·         Unjuk kerja dalam bentuk diskusi jigsaw mengenai sebab, tujuan, proses terbentuknya kekuasaan kolonial, dan jalur kedatangan bangsa Barat ke Indonesia.

Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar

·         Portofolio dalam bentuk rangkuman dari artikel internet mengenai kolonialisme barat (Dunia Maya hal 129). Rangkuman dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Kesesuaian rangkuman dengan isi artikel





Rangkuman dilengkapi dengan gambar mengenai kebudayaan Islam





Kualitas rangkuman





Kerapian rangkuman





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55






Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: