Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 22



SEJARAH VII RPP 22
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
                                                      Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan   
                                                         dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia
                                                         serta peninggalan-peninggalannya
Indikator                                 :  -    Mendeskripsikan peran kerajaan-kerajaan Islam dalam
                                                        penyebaran agama Islam di Indonesia
-    Mengidentifikasi peninggalan sejarah Islam di berbagai daerah di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan peran Kerajaan Islam dalam penyebaran Islam di Indonesia
·         Mengidentifikasi peninggalan sejarah Islam di berbagai daerah di Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
-          Peran kerajaan-kerajaan Islam dalam penyebaran agama Islam di Indonesia
-          Peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, bermain, dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik mengenai pembangunan masjid Baiturrahman dilakukan pada masa pemerintahan siapa.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan secara klasikal mengenai  peran kerajaan-kerajaan Islam dalam penyebaran agama Islam di Indonesia dan peninggalan sejarah Islam di berbagai daerah
·         Bermain “Saya Adalah ...” dengan menunjukkan gambar peninggalan sejarah Islam di berbagai daerah dan menebak nama peninggalan tersebut
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 123 – 124).
·         Peserta didik ditugaskan membuat kliping mengenai peninggalan Islam di berbagai daerah di Indonesia. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 107 - 126)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
·         Portofolio dalam bentuk kliping artikel dari koran, majalah, atau internet mengenai peninggalan Islam di berbagai daerah di Indonesia. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang berbagai peninggalan Islam di Indonesia





Pemahaman tentang konsep peninggalan Islam di Indonesia





Kualitas kliping





Sistematika kliping





Kesesuaian kliping dengan tugas yang diberikan





Kerapian kliping





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55





·         Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 123 – 124).
Kunci Jawaban

A.
1. d
2. b
3. c
4. b
5. b

B.
1. Raden Patah
2. Samudra Pasai
3. Uli Lima
4. Saragosa
5. kaligrafi

Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................        

No comments: