SEJARAH VII RPP 22
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan
dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia
serta peninggalan-peninggalannya
Indikator : - Mendeskripsikan peran kerajaan-kerajaan Islam dalam
penyebaran agama Islam di Indonesia
- Mengidentifikasi peninggalan sejarah Islam di berbagai daerah di Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan peran Kerajaan Islam dalam penyebaran Islam di Indonesia
· Mengidentifikasi peninggalan sejarah Islam di berbagai daerah di Indonesia
B. Materi Pembelajaran
- Peran kerajaan-kerajaan Islam dalam penyebaran agama Islam di Indonesia
- Peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, bermain, dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik mengenai pembangunan masjid Baiturrahman dilakukan pada masa pemerintahan siapa.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan secara klasikal mengenai peran kerajaan-kerajaan Islam dalam penyebaran agama Islam di Indonesia dan peninggalan sejarah Islam di berbagai daerah
· Bermain “Saya Adalah ...” dengan menunjukkan gambar peninggalan sejarah Islam di berbagai daerah dan menebak nama peninggalan tersebut
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 123 – 124).
· Peserta didik ditugaskan membuat kliping mengenai peninggalan Islam di berbagai daerah di Indonesia. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 107 - 126)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
· Portofolio dalam bentuk kliping artikel dari koran, majalah, atau internet mengenai peninggalan Islam di berbagai daerah di Indonesia. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Pengetahuan tentang berbagai peninggalan Islam di Indonesia | | | | |
| Pemahaman tentang konsep peninggalan Islam di Indonesia | | | | |
| Kualitas kliping | | | | |
| Sistematika kliping | | | | |
| Kesesuaian kliping dengan tugas yang diberikan | | | | |
| Kerapian kliping | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
· Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 123 – 124).
Kunci Jawaban
A.
1. d
2. b
3. c
4. b
5. b
B.
1. Raden Patah
2. Samudra Pasai
3. Uli Lima
4. Saragosa
5. kaligrafi
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment