Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 May 2011

Sejarah SMP VIII RPP 4


SEJARAH VIII RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan Proses Perkembangan Kolonialisme dan     
Imperialisme Barat, serta Pengaruh yang Ditimbulkannya di Berbagai Daerah
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan proses lahir dan berkembangnya agama
Kristen
-          Mendeskripsikan proses masuk dan berkembangnya pengaruh Kristen Katolik di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan proses lahir dan berkembangnya agama Kristen
  • Mendeskripsikan proses masuk dan berkembangnya pengaruh Kristen Katolik di Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
·         Lahir dan berkembangnya agama Kristen
·         Perkembangan agama Kristen Katolik di Indonesia

C.    Metode Pembelajaran
Pembelajaran melalui ICT, diskusi, dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menjelaskan situasi di Eropa pada masa sebelum lahirnya agama Kristen.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik mencari artikel di internet mengenai proses lahir dan berkembangnya agama Kristen.
·         Guru bersama peserta didik mendiskusikan hasil temuan dari internet.
·         Guru menjelaskan proses masuk dan berkembangnya pengaruh Kristen Katolik dan menjelaskan peta penyebaran agama Katolik di Indonesia.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik ditugaskan membuat portofolio dalam bentuk sebuah kliping dari majalah, surat kabar, atau internet mengenai artikel berisi profil, gambar-gambar atau foto gereja yang bersejarah di Indonesia (Portofolio hal 39). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.


E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 29 - 40)
  • Peta konsep
  • Power point
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.     Penilaian
  • Unjuk kerja dalam bentuk diskusi mengenai proses lahir dan berkembangnya agama Kristen berdasarkan informasi temuan dari internet.
Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar

Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55




·         Portofolio dalam bentuk sebuah kliping dari majalah, surat kabar, atau internet mengenai artikel berisi profil, gambar-gambar atau foto gereja yang bersejarah di Indonesia (Portofolio hal 39). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian   
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang gereja yang bersejarah di Indonesia




Pemahaman tentang konsep gereja bersejarah




Kualitas kliping




Sistematika kliping




Kesesuaian kliping dengan tugas yang diberikan




Kerapian kliping




Nilai rata-rata




Komentar

Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: