SEJARAH VIII RPP 11
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar : 1.2. Menguraikan Proses Terbentuknya Kesadaran Nasional,
Identitas Indonesia, dan Perkembangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan istilah Indonesia sebagai identitas
nasional
- Mengidentifikasi peran manifesto politik 1925 dalam proses pembentukan identitas kebangsaan nasional
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan istilah Indonesia sebagai identitas nasional
· Mengidentifikasi peran manifesto politik 1925 dalam proses pembentukan identitas kebangsaan nasional
B. Materi Pembelajaran
· Istilah Indonesia sebagai identitas nasional
· Peran manifesto politik 1925
C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Sebutkan organisasi yang pertama kali menggunakan nama Indonesia?”.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik mencari artikel di internet menggunakan search engine yahoo.com atau google.com mengenai asal usul nama Indonesia. Hasil temuan dari internet dikumpulkan dalam portofolio berbentuk tulisan beserta sumber alamat situs didapatkan (Dunia Maya hal 86). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
· Guru mengadakan tes lisan mengenai peran manifesto politik 1925 dalam proses pembentukan identitas kebangsaan nasional.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 83 - 98)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Tes Lisan mengenai Manifesto Politik 1925.
- Portofolio berbentuk tulisan mengenai asal usul nama Indonesia (Dunia Maya hal 86). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Pengetahuan tentang asal usul nama Indonesia | | | | |
| Pemahaman tentang asal usul nama Indonesia | | | | |
| Kualitas karya tulis | | | | |
| Sistematika karya tulis | | | | |
| Kesesuaian karya tulis dengan tugas yang diberikan | | | | |
| Kerapian karya tulis | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment