SEJARAH VIII RPP 13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan Proses Persiapan Kemerdekaan Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-
Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI)
- Mendeskripsikan penyusunan dasar dan konstitusi negara oleh BPUPKI
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI)
- Mendeskripsikan penyusunan dasar dan konstitusi negara oleh BPUPKI
B. Materi Pembelajaran
· Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI)
C. Metode Pembelajaran
Inquiri dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menjelaskan reaksi bangsa Indonesia pada saat kedatangan Jepang di Indonesia dan kebijakan yang diterapkan oleh Jepang di Indonesia.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menugaskan peserta didik secara berkelompok untuk membuat daftar pertanyaan mengenai pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan penyusunan dasar dan konstitusi negara oleh BPUPKI. Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
· Peserta didik ditugaskan mengisi Skala Sikap (hal 112).
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik ditugaskan membuat rangkuman mengenai pembentukan BPUPKI dan proses penyusunan dasar dan konstitusi negara. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 99 - 112)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Skala Sikap (hal 112)
- Portofolio berbentuk rangkuman mengenai pembentukan BPUPKI dan proses penyusunan dasar dan konstitusi negara. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Kesesuaian rangkuman dengan isi artikel | | | | |
| Rangkuman dilengkapi dengan gambar mengenai BPUPKI | | | | |
| Kualitas rangkuman | | | | |
| Kerapian rangkuman | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment