SEJARAH VIII RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan Proses Perkembangan Kolonialisme dan
Imperialisme Barat, serta Pengaruh yang Ditimbulkannya di Berbagai Daerah
Indikator : - Mendeskripsikan kekuasaan Daendels dan Raffles di
Indonesia
- Mengidentifikasi kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial pasca VOC di berbagai daerah di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan kekuasaan Daendels dan Raffles di Indonesia
- Mengidentifikasi kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial pasca VOC di berbagai daerah di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya
B. Materi Pembelajaran
- Perkembangan pemerintah kolonial pasca VOC di Indonesia
- Kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial pasca VOC di Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi jigsaw, dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menerangkan secara garis besar mengenai latar belakang pendirian, kebijakan, dan sebab dibubarkannya VOC.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan secara garis besar mengenai kekuasaan Daendels dan Raffles di Indonesia (hal 3 – 4).
· Guru membagi peserta didik menjadi empat kelompok untuk mendiskusikan materi kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial pasca VOC di berbagai daerah di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Setiap kelompok membahas salah satu dari bidang-bidang tersebut. Setelah itu guru menunjuk satu orang dari setiap kelompok untuk mengajarkan materi yang telah dipelajari kepada kelompok yang lain.
3. Kegiatan Penutup
· Kartodirdjo berpendapat bahwa politik kolonial Raffles bertolak dari ideologi liberal dan bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan memberikan kebebasan. Peserta didik ditugaskan membuat karangan mengenai maksud dari pendapat tersebut (Karangan hal 26). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 1 - 28)
- Peta konsep
- Power point
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
- Kartodirdjo berpendapat bahwa politik kolonial Raffles bertolak dari ideologi liberal dan bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan memberikan kebebasan. Peserta didik ditugaskan membuat karangan mengenai maksud dari pendapat tersebut (Karangan hal 26). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi karangan | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan maksud dari kutipan/pendapat tersebut | | | | |
Isi menunjukkan sikap terhadap kutipan/pendapat tersebut | | | | |
Isi menunjukkan alasan sikap terhadap kutipan/pendapat tersebut | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tersebut | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
· Unjuk kerja dalam bentuk diskusi jigsaw mengenai kebijakan pemerintah kolonial pasca VOC di berbagai daerah di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya.
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Partisipasi dalam diskusi | | | | |
| Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment