Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 May 2011

Sejarah SMP VIII RPP 1


SEJARAH VIII RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan Proses Perkembangan Kolonialisme dan     
Imperialisme Barat, serta Pengaruh yang Ditimbulkannya di Berbagai Daerah
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan kekuasaan Daendels dan Raffles di
                                                        Indonesia
-          Mengidentifikasi kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial pasca VOC di berbagai daerah di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan kekuasaan Daendels dan Raffles di Indonesia
  • Mengidentifikasi kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial pasca VOC di berbagai daerah di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya

B.     Materi Pembelajaran
  • Perkembangan pemerintah kolonial pasca VOC di Indonesia
  • Kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial pasca VOC di Indonesia
     
C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi jigsaw, dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menerangkan secara garis besar mengenai latar belakang pendirian, kebijakan, dan sebab dibubarkannya VOC.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan secara garis besar mengenai kekuasaan Daendels dan Raffles di Indonesia (hal 3 – 4).
·         Guru membagi peserta didik menjadi empat kelompok untuk mendiskusikan materi kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial pasca VOC di berbagai daerah di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Setiap kelompok membahas salah satu dari bidang-bidang tersebut. Setelah itu guru menunjuk satu orang dari setiap kelompok untuk mengajarkan materi yang telah dipelajari kepada kelompok yang lain.
3.      Kegiatan Penutup
·         Kartodirdjo berpendapat bahwa politik kolonial Raffles bertolak dari ideologi liberal dan bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan memberikan kebebasan. Peserta didik ditugaskan membuat karangan mengenai maksud dari pendapat tersebut (Karangan hal 26). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
·         Menarik kesimpulan materi.
E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 1 - 28)
  • Peta konsep
  • Power point
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.     Penilaian
  • Kartodirdjo berpendapat bahwa politik kolonial Raffles bertolak dari ideologi liberal dan bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan memberikan kebebasan. Peserta didik ditugaskan membuat karangan mengenai maksud dari pendapat tersebut (Karangan hal 26). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian   
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi karangan




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan maksud dari kutipan/pendapat tersebut




Isi menunjukkan sikap terhadap kutipan/pendapat tersebut




Isi menunjukkan alasan sikap terhadap kutipan/pendapat tersebut




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tersebut




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar
·         Unjuk kerja dalam bentuk diskusi jigsaw mengenai kebijakan pemerintah kolonial pasca VOC di berbagai daerah di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya.
Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Partisipasi dalam diskusi





Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55





Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................        

No comments: