Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 May 2011

Sejarah SMP VIII RPP 12



SEJARAH VIII RPP 12
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar                   : 1.2. Menguraikan Proses Terbentuknya Kesadaran Nasional,     
Identitas Indonesia, dan Perkembangan Pergerakan  Kebangsaan Indonesia
Indikator                                 : -     Mengidentifikasi peran Kongres Pemuda 1928 dalam 
                                                        proses pembentukan identitas kebangsaan nasional
-          Mengidentifikasi peran Kongres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan nasional
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mengidentifikasi peran Kongres Pemuda 1928 dalam proses pembentukan identitas kebangsaan nasional
  • Mengidentifikasi peran Kongres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan nasional

B.     Materi Pembelajaran
·         Peran Kongres Pemuda 1928
·         Peran Kongres Perempuan Pertama

C.    Metode Pembelajaran
Pembelajaran melalui ICT, bermain, dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan peserta didik mengenai makna dari Sumpah Pemuda.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik mencari artikel mengenai sejarah Sumpah Pemuda dan gedungnya di internet pada situs www.museumsumpahpemuda.go.id.
·         Guru menjelaskan peran perempuan dan Kongres Perempuan Pertama dengan menunjukkan sumbangsih perempuan-perempuan Indonesia dalam memajukan derajat kaum perempuan dan pembentukan identitas kebangsaan nasional.
·         Bermain “Tebak Gambar” dengan menunjukkan gambar tokoh wanita Indonesia dan menugaskan peserta didik menebak nama dan perannya dalam peningkatan derajat wanita dan pembentukan identitas kebangsaan nasional.
1.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 93) dan Evaluasi Semester 1 pilihan ganda dan uraian (Evaluasi Semester 1 hal 96 – 98).
·         Peserta didik ditugaskan membuat portofolio dalam bentuk makalah bertema “Sejarah Kongres Pemuda I-II dalam kaitannya dengan Pergerakan Nasional di Indonesia” (Portofolio hal 94). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 83 - 98)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
·         Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 93).
·         Tes Tertulis Evaluasi Semester 1 pilihan ganda dan uraian (Evaluasi Semester 1 hal 96 – 98)

Kunci Jawaban
Uji Kompetensi

A.
1. a
2. a
3. d
4. a
5. a

B.
1. Pulau-pulau atau kepulauan Hindia dan penduduknya adalah bangsa Indonesia
2. Perhimpunan Indonesia
3. Jong Indonesia
4. Sumpah Pemuda
5. membantu keuangan gadis-gadis yang ingin melanjutkan belajar


Evaluasi Semester 1
A.

1. b
2. b
3. c
4. a
5. d
6. a
7. d
8. a
9. b
10. d
11. b
12. c
13. d
14. d
15. a
16. b
17. b
18. a
19. c
20. c


B.
  1. Gencarnya persaingan dari Prancis dan Inggris, korupsi dan pencurian yang dilakukan pegawai VOC, maraknya perdagangan gelap di jalur monopoli VOC, dan besarnya anggaran belanja VOC tidak sebanding dengan pemasukan.
  2. Sebab umum; kekuasaan raja Mataram semakin kecil dan turun wibawanya, kaum bangsawan merasa penghasilan mereka berkurang, rakyat merasa tertindas. Sebab khusus; pembuatan jalan yang dilakukan oleh Belanda melewati makam leluhur Pangeran Diponegoro di Tegal Rejo.
  3. Pertama, kesadaran akan kesamaan politik yang disebabkan oleh penindasan atau penjajahan oleh bangsa lain atau oleh penguasa lain. Kedua, kesadaran akan kesamaan kultural, seperti ras, bahasa, tradisi, sejarah, dan budaya. Ketiga, kesadaran akan persamaan fisik, seperti tanah air dan geografi. Keempat, kesadaran akan kesamaan agama dan ideologi.
  4. Asas organisasi yang digunakan. Organisasi keagamaan menganut asas agama dan organisasi nasional biasanya menganut ideologi, seperti nasionalis maupun komunis. Organisasi pergerakan cenderung lebih kooperatif terhadap pemerintah kolonial, sedangkan organisasi nasional cenderung nonkooperatif terhadap pemerintah kolonial.
  5. Istilah nama Indonesia pertama kali dipakai dan diperkenalkan oleh J.R. Logan, seorang ahli ilmu bumi kebangsaan Inggris yang tinggal di Penang, Malaka. Pada tahun 1850, ketika menggambar peta bumi kepulauan Melayu dan sekitarnya, ia mengusulkan agar kepulauan itu disebut dengan nama Indonesia.

·         Portofolio dalam bentuk makalah bertema “Sejarah Kongres Pemuda I-II dalam kaitannya dengan Pergerakan Nasional di Indonesia” (Portofolio hal 94). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang Sejarah Kongres Pemuda I-II dalam kaitannya dengan Pergerakan Nasional di Indonesia





Pemahaman tentang Kongres Pemuda I-II dalam kaitannya dengan Pergerakan Nasional di Indonesia





Kemampuan membuat makalah





Kualitas bahasa dalam makalah





Kemampuan menjelaskan makalah





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55





Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: