SEJARAH VIII RPP 15
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
Indikator : - Mengidentifikasi perbedaan antarkelompok sekitar
proklamasi kemerdekaan Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mengidentifikasi perbedaan antarkelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia
B. Materi Pembelajaran
· Perbedaan perspektif antarkelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Diskusi dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan “Siapa yang pertama kali mendengar berita kekalahan Jepang terhadap Sekutu?”.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik mendiskusikan perbedaan antara golongan tua dengan golongan muda mengenai waktu dan cara mengemukakan proklamasi kemerdekaan.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan portofolio berbentuk karangan mengenai terjadinya peristiwa Rengasdengklok (Portofolio hal 128). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 113 - 130)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Portofolio berbentuk karangan mengenai terjadinya peristiwa Rengasdengklok (Portofolio hal 128). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi karangan | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi berisi penjelasan terhadap pertanyaan | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment