Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 May 2011

Sejarah SMP VIII RPP 15



SEJARAH VIII RPP 15
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VIII (delapan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi
                                                         Kemerdekaan Indonesia
Indikator                                 : -     Mengidentifikasi perbedaan antarkelompok sekitar 
                                                        proklamasi kemerdekaan Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mengidentifikasi perbedaan antarkelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
·         Perbedaan perspektif antarkelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia

C.    Metode Pembelajaran
Diskusi dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan “Siapa yang pertama kali mendengar berita kekalahan Jepang terhadap Sekutu?”.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik mendiskusikan perbedaan antara golongan tua dengan golongan muda mengenai waktu dan cara mengemukakan proklamasi kemerdekaan.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan portofolio berbentuk karangan mengenai terjadinya peristiwa Rengasdengklok (Portofolio hal 128). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 113 - 130)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet


F.     Penilaian
  • Portofolio berbentuk karangan mengenai terjadinya peristiwa Rengasdengklok (Portofolio hal 128). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian   
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi karangan




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi berisi penjelasan terhadap pertanyaan




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55






Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: