SEJARAH VIII RPP 18
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
Indikator : - Mengidentifikasi sikap rakyat di berbagai daerah terhadap
proklamasi kemerdekaan Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mengidentifikasi sikap rakyat di berbagai daerah terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia
B. Materi Pembelajaran
- Sikap rakyat di berbagai daerah terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Inquiri dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menceritakan tentang penyerbuan rakyat ke Hotel Yamato.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menugaskan peserta didik secara berkelompok untuk membuat daftar pertanyaan mengenai sikap rakyat di berbagai daerah terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 126 - 127).
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 113 - 130)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 126 - 127).
Kunci Jawaban
Uji Kompetensi
A.
1. c
2. a
3. c
4. d
5. d
B.
1. Rengasdengklok
2. Atas nama bangsa Indonesia
3. lisan dan tulisan menggunakan teknologi sederhana
4. Domei
5. Sajoeti Melik
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment