SEJARAH VII RPP 14
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan
dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia
serta peninggalan-peninggalannya
Indikator : Mendeskripsikan proses lahir dan perkembangan agama
Hindu dan Buddha
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan proses lahir dan perkembangan agama Hindu dan Buddha
B. Materi Pembelajaran
· Lahir dan perkembangan agama Hindu
· Lahir dan perkembangan agama Buddha
C. Metode Pembelajaran
Pemberian tugas melalui ICT dan diskusi
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menjelaskan mengenai Candi Borobudur.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik ditugaskan membuat rangkuman berdasarkan artikel di internet dengan alamat http://hinduism.isk.com/ untuk mengetahui agama dan kebudayaan Hindu dan http://buddhism.2be.net/Main_Page untuk mengetahui agama dan kebudayaan Buddha (Dunia Maya hal 59). Rangkuman dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
· Diskusi mengenai lahir dan perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 55 - 66)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
· Portofolio dalam bentuk rangkuman dari artikel internet mengenai agama dan kebudayaan Hindu-Buddha (Dunia Maya hal 59). Rangkuman dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Kesesuaian rangkuman dengan isi artikel | | | | |
| Rangkuman dilengkapi dengan gambar mengenai agama dan kebudayaan Hindu-Buddha | | | | |
| Kualitas rangkuman | | | | |
| Kerapian rangkuman | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment