Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 May 2011

Sejarah SMP VIII RPP 14



SEJARAH VIII RPP 14
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VIII (delapan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Menjelaskan Proses Persiapan Kemerdekaan Indonesia
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan pembentukan Panitia Persiapan
                                                        Kemerdekaan Indonesia (PPKI)
-          Mendeskripsikan penyusunan dasar dan konstitusi negara oleh PPKI
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan pembentukan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)
  • Mendeskripsikan penyusunan dasar dan konstitusi negara oleh PPKI

B.     Materi Pembelajaran
  • Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menjelaskan latar belakang dibubarkannya BPUPKI.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan proses pembentukan PPKI dan penyusunan dasar dan konstitusi negara oleh PPKI.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 109 – 110).
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik ditugaskan membuat produk berupa diorama sederhana yang menggambarkan sidang PPKI (Produk hal 111). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 99 - 112)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
  • Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 109 – 110).

Kunci Jawaban
Uji Kompetensi

A.
1. a
2. c
3. a
4. b
5. c


B.
1. Dokuritsu Junbi Cosakai
2. Mempelajari hal-hal penting mengenai tata pemerintahan Indonesia merdeka
3. Moh. Yamin
4. Dokuritsu Junbi Inkai
5. Piagam Jakarta/Jakarta Charter


·         Produk berupa diorama sederhana yang menggambarkan sidang PPKI (Produk hal 111). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang bentuk diorama





Pemahaman tentang maksud diorama





Kemampuan membuat diorama





Kualitas diorama





Keindahan dan kerapian





Kemampuan menjawab pertanyaan





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55








Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: