SEJARAH VIII RPP 14
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan Proses Persiapan Kemerdekaan Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan pembentukan Panitia Persiapan
Kemerdekaan Indonesia (PPKI)
- Mendeskripsikan penyusunan dasar dan konstitusi negara oleh PPKI
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan pembentukan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)
- Mendeskripsikan penyusunan dasar dan konstitusi negara oleh PPKI
B. Materi Pembelajaran
- Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)
C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menjelaskan latar belakang dibubarkannya BPUPKI.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan proses pembentukan PPKI dan penyusunan dasar dan konstitusi negara oleh PPKI.
· Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 109 – 110).
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik ditugaskan membuat produk berupa diorama sederhana yang menggambarkan sidang PPKI (Produk hal 111). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 99 - 112)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 109 – 110).
Kunci Jawaban
Uji Kompetensi
A.
1. a
2. c
3. a
4. b
5. c
B.
1. Dokuritsu Junbi Cosakai
2. Mempelajari hal-hal penting mengenai tata pemerintahan Indonesia merdeka
3. Moh. Yamin
4. Dokuritsu Junbi Inkai
5. Piagam Jakarta/Jakarta Charter
· Produk berupa diorama sederhana yang menggambarkan sidang PPKI (Produk hal 111). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Pengetahuan tentang bentuk diorama | | | | |
| Pemahaman tentang maksud diorama | | | | |
| Kemampuan membuat diorama | | | | |
| Kualitas diorama | | | | |
| Keindahan dan kerapian | | | | |
| Kemampuan menjawab pertanyaan | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment