SEJARAH VII RPP 24
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar : 2.3. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan
dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
Indikator : Mengidentifikasi kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial
dalam bidang ekonomi, politik, dan sosial budaya
di Indonesia serta pengaruhnya terhadap rakyat Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mengidentifikasi kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial dalam bidang ekonomi, politik, dan sosial budaya di Indonesia
B. Materi Pembelajaran
· Kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial dalam bidang ekonomi, politik, dan sosial budaya di Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Inquiri dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik mengenai sistem tanam paksa.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menugaskan peserta didik secara berkelompok untuk membuat daftar pertanyaan mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik ditugaskan membuat rangkuman mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 127 - 146)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
· Portofolio dalam bentuk rangkuman mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Kesesuaian rangkuman dengan tema yang diajukan | | | | |
| Rangkuman dilengkapi dengan gambar mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia. | | | | |
| Kualitas rangkuman | | | | |
| Kerapian rangkuman | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment