SEJARAH VII RPP 20
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan
dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia
serta peninggalan-peninggalannya
Indikator : - Mendeskripsikan saluran dan cara Islamisasi di Indonesia
- Membuat peta mengenai penyebaran dan perkembangan agama Islam di Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan saluran dan cara Islamisasi di Indonesia
- Membuat peta penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia
B. Materi Pembelajaran
· Saluran Islamisasi di Indonesia
· Peta penyebaran dan perkembangan agama Islam di Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, bermain, dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik siapa Wali Sanga.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan secara klasikal mengenai saluran dan cara Islamisasi di Indonesia.
· Guru menugaskan peserta didik membuat karangan mengenai 6 cara islamisasi di Indonesia (Portofolio hal 104).
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Bermain “Siapa cepat, dia dapat”. Dengan memberikan petunjuk mengenai daerah penyebaran Islam di Indonesia dan menugaskan peserta didik menunjukkan pada peta letak daerah tersebut dengan cepat.
· Peserta didik ditugaskan membuat peta penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 107 - 126)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
· Portofolio dalam bentuk karangan mengenai enam cara Islamisasi di Indonesia (Portofolio hal 104).
Rubrik Penilaian
Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi berisi penjelasan terhadap pertanyaan | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
· Portofolio dalam bentuk peta penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia.
Rubrik Penilaian
Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Menjabarkan peta sesuai tema yang diajukan | | | | |
Penggambaran jelas mengenai penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia | | | | |
Disajikan dengan pewarnaan | | | | |
Kerapihan dan Keindahan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment