Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 20



SEJARAH VII RPP 20
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
                                                      Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan   
                                                         dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia
                                                         serta peninggalan-peninggalannya
Indikator                                 :  -    Mendeskripsikan saluran dan cara Islamisasi di Indonesia
-    Membuat peta mengenai penyebaran dan perkembangan agama Islam di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan saluran dan cara Islamisasi di Indonesia
  • Membuat peta penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
·         Saluran Islamisasi di Indonesia
·         Peta penyebaran dan perkembangan agama Islam di Indonesia

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, bermain, dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik siapa Wali Sanga.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan secara klasikal mengenai saluran dan cara Islamisasi di Indonesia.
·         Guru menugaskan peserta didik membuat karangan mengenai 6 cara islamisasi di Indonesia (Portofolio hal 104).
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Bermain “Siapa cepat, dia dapat”. Dengan memberikan petunjuk mengenai daerah penyebaran Islam di Indonesia dan menugaskan peserta didik menunjukkan pada peta letak daerah tersebut dengan cepat.
·         Peserta didik ditugaskan membuat peta penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 107 - 126)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
·         Portofolio dalam bentuk karangan mengenai enam cara Islamisasi di Indonesia (Portofolio hal 104).

Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi berisi penjelasan terhadap pertanyaan




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55




·         Portofolio dalam bentuk peta penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia.

Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Menjabarkan peta sesuai tema yang diajukan




Penggambaran jelas mengenai penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia




Disajikan dengan pewarnaan




Kerapihan dan Keindahan




Nilai rata-rata




Komentar

Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: