SEJARAH VII RPP 17
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan
dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia
serta peninggalan-peninggalannya
Indikator : - Mengidentifikasi contoh peninggalan sejarah bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia
- Mendeskripsikan ciri-ciri peninggalan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mengidentifikasi contoh peninggalan sejarah bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia
- Mendeskripsikan ciri-ciri peninggalan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia
B. Materi Pembelajaran
· Contoh peninggalan sejarah bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia
· Ciri-ciri peninggalan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menunjukkan gambar candi Prambanan (hal 84) dan menanyakan kepada peserta didik termasuk candi Hindu atau Buddha dan fungsi candi tersebut.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menugaskan peserta didik membuat rangkuman mengenai contoh peninggalan sejarah bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 86 – 87).
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 67 - 90)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
· Portofolio dalam bentuk rangkuman dari artikel internet mengenai contoh peninggalan sejarah bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia.
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Kesesuaian rangkuman dengan isi artikel | | | | |
| Rangkuman dilengkapi dengan gambar mengenai peninggalan sejarah bercorak Hindu-Buddha di Indonesia | | | | |
| Kualitas rangkuman | | | | |
| Kerapian rangkuman | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
· Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 86 – 87).
Kunci Jawaban
A.
1. c
2. d
3. b
4. b
5. a
B.
1. Aswawarman
2. keagamaan
3. Sutasoma
4. Sumpah Palapa
5. Sistem penanggalan Saka
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment