06 May 2011

Sejarah SMP VIII RPP 9



SEJARAH VIII RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar                   : 1.2. Menguraikan Proses Terbentuknya Kesadaran Nasional,     
Identitas Indonesia, dan Perkembangan Pergerakan  Kebangsaan Indonesia
Indikator                                 : -    Mengidentifikasi peranan pers dalam menumbuh                    
                                                       kembangkan kesadaran nasional Indonesia          
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mengidentifikasi peranan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
·         Peranan pers

C.    Metode Pembelajaran
Inquiri dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan peserta didik “Apa yang dimaksud dengan pers?”.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menugaskan peserta didik secara berkelompok untuk membuat daftar pertanyaan mengenai peranan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik ditugaskan membuat produk berupa koran sekolah yang isinya bertemakan tentang dunia pendidikan di Indonesia. Setelah itu, peserta didik membagi “resep” atau cara menyusun koran sekolah tersebut pada temannya (Produk hal 64).

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 53 - 64)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet
F.     Penilaian
  • Produk berupa koran sekolah yang isinya bertemakan tentang dunia pendidikan di Indonesia. Setelah itu, peserta didik membagi “resep” atau cara menyusun koran sekolah tersebut pada temannya (Produk hal 64).


Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar tentang koran sekolah




Kemampuan menerangkan cara menyusun koran sekolah




Kemampuan menyusun koran sekolah




Keindahan dan kerapian isi koran sekolah




Kemampuan menjawab pertanyaan




Nilai rata-rata




Komentar

Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55









Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: