08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP33




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor  33

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan pendapat dalam bentuk  kritik dan esai
KOMPETENSI DASAR
  Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuK
  mengomentari  karya sastra 

ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu mengidentifikasi ciri-ciri kritik 
Mampu mengidentifikasi ciri-ciri esai 
Mampu menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
Mampu menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
untuk mengomentari karya sastra
Mampu menyunting tulisan kritik dan esai sastra milik teman

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Ciri-ciri kritik 
Ciri-ciri esai 
Prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
Pengembangan gagasan atau  pendapat untuk menulis kritik dan esai
Cara menulis kritik dan esai
Cara menyunting kritik dan esai sastra
Contoh-contoh kritik dan esai sastra

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru dan siswa bertanya jawab tentang kritik sastra
Guru dan siswa bertanya jawab tentang esai sastra
INTI
Siswa membaca contoh kritik dan esai sastra
Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi ciri-ciri kritik 
Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi ciri-ciri esai 
Siswa berdiskusi untuk merumuskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
Siswa berlatih menerapkan prinsip-prinsip penulisan untuk menyusun kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra
Siswa menyunting tulisan kritik dan esai sastra milik teman
PENUTUP
(Internalisasi dan persepsi)
Siswa merefleksikan materi yang sudah dipelajarinya
Siswa mengerjakan uji kompetensi
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kuis uji teori


METODE DAN SUMBER BELAJAR




Sumber Belajar
 v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
169-174
Sastra Indonesia dalam Kritik dan Esai
 v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pengajaran menulis kritik dan esai
 v
Media cetak dan elektronik
Krtitik atau esai yang dipublikasikan di koran, majalah, TV, atau radio

Website internet

  v
Narasumber
Kritikus dan penulis esai sastra
  v
Model peraga
Siswa yang mempunyai pengalaman hidup yang sesuai dengan
  v
Lingkungan
Kejadian di masyarakat yang sesuai dengan


Metode
  v
Presentasi

  v
Diskusi Kelompok

  v
Inquari

 
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
  v
Tes  Lisan
  v
Tes Tertulis 
  v
Observasi Kinerja/Demontrasi
  v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang kritik
Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang esai
Daftar pertanyaan untuk tes tulis tentang penulisan kritik dan esai sastra
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI


RUBRIK PENILAIAN PENULISAN KRITIK/ESAI
UNTUK MENGOMENTARI KARYA SASTRA


NAMA                                         :
KELAS/NO. ABS                     :
TANGGAL PENILAIAN     :
  KOMPETENSI DASAR       : Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuk
                                             mengomentari  karya sastra   


N0
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
 1
Pemilihan topik
Aktualitas topik esai




a. Aktual                                                         Skor  3
b. Cukup aktual                                              Skor  2
c. Kurang aktual                                             Skor  1
d. Tidak aktual                                               Skor  0
 2
Ketepatan pemilihan objek  karya sastra dengan tujuan penulisan
Pemilihan karya sastra tepat/sesuai dengan tujuan penulisan




a. Tepat                                                          Skor  3
b. Cukup tepat                                                Skor  2
c. Kurang tepat                                               Skor  1
d. Tidak tepat                                                 Skor  0
 3
Ketepatan penerapan prinsip-prinsip penulisan kritik/esai
Prinsip-prinsip penulisan kritik/esai diterapkan secara :




a. Tepat                                                          Skor  3
b. Cukup tepat                                                Skor  2
c. Kurang tepat                                               Skor  1
d. Tidak tepat                                                 Skor  0
 4
Ketepatan isi tulisan dengan jenis dan tujuan tulisan
Isi tulisan tepat/sesuai dengan jenis dan tujuan penulisan kritik/esai

a. Tepat                                                          Skor  3
b. Cukup tepat                                                Skor  2
c. Kurang tepat                                               Skor  1
d. Tidak tepat                                                 Skor  0
 5
Ejaan dan tanda baca
Ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca

a. Tanda baca & ejaan yang ada semua benar  Skor  3
b. Ada 1-5 ejaan atau tanda baca yang salah    Skor  2
c. Ada 6-10 ejaan atau tanda baca yang salah  Skor  1
d. Lebih dari 10 ejaan atau tanda baca salah    Skor  0
 6
Struktur kalimat
Ketepatan penggunaan struktur kalimat

a. Semua kalimat strukturnya tepat                  Skor  3
b. Ada 1 kalimat yang strukturnya salah          Skor  2
c. Ada 2 kalimat yang strukturnya salah          Skor  1
d. Lebih dari 2 kalimat yang strukturnya salah Skor  0
 7.
Diksi
Ketepatan diksi

a. Tepat                                                             Skor  3
b. Cukup tepat                                                  Skor  2
c. Kurang tepat                                                 Skor  1
d. Tidak tepat                                                    Skor  0

Mengetahui,                                                                    ……………,  ……...……………
Kepala Sekolah                                                                                 Guru Mata Pelajaran,




 --------------------------------------                                                       ----------------------------
NIP :                                                                                                  NIP :

Bahasa Indonesia SMA XII RPP3




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor  32  

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks
KOMPETENSI DASAR
Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menjelaskan macam-macam metode berpidato
Mampu menyiapkan pidato tanpa teks dengan tema tertentu
Mampu membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Mampu mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
Mampu memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
 
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Pengertian dan macam-macam metode berpidato
Ide pidato dengan tema-tema tertentu
Cara menyiapkan pidato tanpa teks
Cara berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Cara mencatat kekurangan pidato yang disampaikan teman
Cara memperbaiki kekurangan pidato teman

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Siswa ditanya pemahamannya tentang manfaat berpidato
Siswa diajak untuk mengemukakan pendapatnya tentang forum-forum yang sering menampilkan kegiatan berpidato
INTI
Siswa mendiskusikan pengertian pidato
Siswa mendiskusikan macam-macam metode berpidato
Siswa berdiskusi untuk menentukan tema pidato
Siswa menyiapkan pidato tanpa naskah
Siswa melaksanakan kegiatan berpidato
Siswa mencatat kekurangan pidato yang dilakukan oleh siswa lain
Siswa mengajukan usulan perbaikan pidato
Siswa memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

Siswa merefleksikan kesalahan berpidato pada umumnya
Siswa mengungkapkan pengalamannya ketika berpidato
Siswa menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori
METODE DAN SUMBER BELAJAR




Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
164-169
Maidar G. Arsjad, Mukti U.S. 1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
  v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman/audio visual pidato atau pembelajaran berpidato
 
Media cetak dan elektronik


Website internet

 v
Narasumber
Orator
 V
Model peraga
Siswa yang mempunyai pengalaman banyak berpidato
 v
Lingkungan
Kejadian di masyarakat yang banyak menampilkan kegiatan berpidato


Metode
 v
Presentasi

 v
Diskusi Kelompok

 v
Inquari

 v
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
  v
Tes  Lisan
  v
Tes Tertulis 
  v
Observasi Kinerja/Demontrasi
  v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang manfaat berpidato
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan demonstrasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
RUBRIK PENILAIAN BERPIDATO
NAMA                                      :
KELAS/NO. ABS                     :
TANGGAL PENILAIAN                        :
KOMPETENSI DASAR             : Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada,
                                                      dan sikap yang tepat

No.
Aspek yang Dinilai

Tingkatan Skala
01.
Keakuratan informasi (amat tidak akurat – amat akurat)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

02.
Hubungan antar-informasi (amat sedikit – amat banyak)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

03.
Ketepatan struktur dan kosa kata
(amat tidak tepat – amat tepat)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

04.
Kelancaran berpidato (terbata-bata – amat ancer)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

05.
Kewajaran urutan wacana (tak normal – normal)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

06.
Gaya pengucapan (amat kaku – amat wajar)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

07.
Lafal (amat tidak jelas – amat jelas
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

08.
Intonasi dan nada (amat jelek – amat baik)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10


09.
Nada (amat monoton – amat variatif)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

10.
Sikap (amat tidak wajar – amat wajar)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10



Jumlah skor : ……….


 Mengetahui,                                                                    ……………,  ……...……………
 Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran,




   --------------------------------------                                                       ------------------------------------
             NIP :                                                                                                  NIP :