Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP2,




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  2

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
KOMPETENSI DASAR
Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis  dalam diskusi
INDIKATOR
§  Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
§  Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
§  Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
§  Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show)
Ungkapan persetujuan atau penolakan

METODE PEMBELAJARAN


Presentasi

v
Diskusi Kelompok


Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
§  Guru mengajak siswa mengingat kembali  artikel tentang perdagangan kemanusiaan dan permasalahan-permasalahan  yang telah diidentifikasi.
§  Guru membacakan beberapa   topik diskusi terpilih yang dirumuskan berdasarkan permasalahan dalam artikel.
§  Guru  bertanya kepada siswa apa indikasi suatu proses berdiskusi berjalan dengan baik


INTI
Pertemuan ke-1   (45’)
§  Berdasarkan jawaban-jawaban siswa, guru merumuskan tatacara/aturan main dan rambu-rambu yang penting diperhatikan dalam berdiskusi.
§  Guru menekankan pentingnya menyampaikan pendapat dengan alasan/argumen yang logis dan bahasa yang komunikatif.
§  Guru memutarkan rekaman contoh proses diskusi/talk show yang berlangsung dengan aktif dan sehat atau sebaliknya.
Pertemuan ke-2  ( 90’)
§  Siswa berkelompok-kelompok dan  berdiskusi  untuk memecahkan permasalahan yang telah diidentifikasi dari artikel.
§  Guru mengobservasi jalannya diskusi dan membuat catatan siswa yang aktif mengajukan pendapat,  persetujuan,  sanggahan, dan pertanyaan
§  Siswa mengumpulkan notulen hasil jalannya diskusi kelompok kepada Guru.
§  Guru menyampaikan ulasan atau catatan hasil observasinya terhadap setiap kelompok. Guru bisa memberi pujian kepada kelompok atau individu yang kinerjanya bagus.
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

§  Siswa menjawab soal-soal  Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari.
§  Guru menyampaikan tugas Uji Kompetensi: menyaksikan pembicaraan talk show di tv/radio dan memberikan tangapan persetujuan/ketidak setujuan dengan argumen yang logis.
§  Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran yang telah diikutinya.      

SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
§  Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA kelas XII karya Alex Suryanto dan Agus Haryanta terbitan ESIS 2007 halaman 8-12
§  Buku Teknik Berdiskusi  
V
Material: VCD, kaset, poster
§  kaset audio/videoklip contoh jalannya diskusi panel/talk show yang hidup sebagai model
§  kaset rekaman radio/tv  jalannya diskusi panel/talk show  bertopik  kejahatan kemanusiaan
V
Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

V
Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan masyarakat sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan

Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


§ Tugas Geladi Kelompok untuk melakukan diskusi kelompok
§ Tugas Uji Kompetensi untuk memberi tanggapan atas pembicaraan dalam sebuah talk show di radio/tv
§ Daftar pertanyaan uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari


RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Blangko  observasi kinerja individu dalam mengikuti diskusi kelompok (terlampir di bawah)


BLANGKO OBSERVASI  KINERJA INDIVIDU
DALAM DISKUSI KELOMPOK

NAMA                                       :
KELAS/NO. ABS                       :
TANGGAL PENILAIAN              :
KOMPETENSI DASAR              :  Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis  dalam diskusi



ASPEK

RINCIAN
NILAI
KURANG

CUKUP
BAIK
AMAT BAIK
D  (10)
C (15)
B (20)
A (25)


 SIKAP
Terlibat secara aktif dan penuh inisiatif




Prosedural dan kooperatif terhadap aturan main
Memperhatikan dan menghargai pendapat orang lain

BAHASA

Runtut, terstruktur dengan baik




Komunikait (mudah dipahami)
Efektif (singkat dan jelas)
Diksi variatif dan tepat konteks
Baku


KUALITAS PENDAPAT /
GAGASAN
Pembicaraan tidak menyimpang dari topik dan menyasar ke substansi persoalan




Gagasan orisinal dan kreatif (tidak meniru)
Usulan disertai alasan logis/bukti pendukung
Konsisten atas pendapatnya sendiri
Menggunakan referensi/rujukan
JUMLAH SKOR






No comments: