Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP8,




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  8

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII ( dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
 Menulis
STANDAR KOMPETENSI
 Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi 

KOMPETENSI DASAR
 Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku

INDIKATOR
Mengidentifikasi struktur  surat  dinas
Menentukan komponen-komponen surat  undangan rapat
Menulis surat undangan
Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi,
dan bahasa

ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Contoh surat dinas
Unsur-unsur surat dinas
Struktur surat dinas
Penggunaan bahasa dalam surat dinas
Penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan


METODE PEMBELAJARAN


Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru  menunjukkan dan membacakan sebuah surat dinas yang baru saja diterima sekolah dari instansi lain.
Siswa diminta untuk mengidentifikasi jenis dan tujuan pengiriman surat  tersebut.
Guru menyadarkan siswa bahwa di era teknologi komunikasi yang sangat maju sekarang ini,  surat masih menjadi media komunikasi antarinstansi.  



INTI
Pertemuan ke-1  (45’)
Siswa menginventaris jenis-jenis surat dinas  yang biasa dikirimkan oleh atau antarisntansi.
Guru menyebutkan dan menjelaskan secara singkat macam-macam jenis surat dinas.
Secara berkelompok siswa mencermati contoh-contoh surat dinas yang disajikan dalam buku teks dan mengidentifikasi struktur bagian-bagiannya
Siswa mengerjakan Geladi Diri, mencermati  teks surat dinas dan memperbaiki kesalahan-kesalahannya.

Pertemuan ke-2   ( 90’)
Siswa mengerjakan Uji Kompetensi Diri, menulis surat dinas berdasarkan pilihan jenis dan kondisi yang telah ditentukan.
Siswa mengedit dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada dalam surat dinas yang disusunnya.
Guru mengingatkan hal-hal penting yang perlu diperhatikan  dalam menulis surat dinas.

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman  37 - 42
Surat Menyurat dan Komunikasi 1 terbitan PT Galaxy Puspa Mega halaman  109-127

Material: VCD, kaset, poster
Contoh surat dinas yang pernah diterima sekolah


Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

V
Model peraga


Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk mengidentifikasi jenis surat dinas
Tugas untuk menulis surat dinas
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
 Rubrik penilaian menulis surat dinas (terlampir di bawah)



No comments: