BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 12
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami pembacaan novel |
KOMPETENSI DASAR | Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan |
INDIKATOR | Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Pembacaan Penggalan novel Penanggapan pembacaan penggalan novel dari segi vokal Penanggapan pembacaan penggalan novel dari intonasi Penanggapan pembacaan penggalan novel dari penghayatan |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
| Diskusi Kelompok | |
| Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru membacakan penggalan sebuah novel yang bagus untuk dibacakan, misalnya Lelaki Tua dan Laut, karya Ernest Hemingway Guru mengajak siswa untuk menyadari bahwa novel pun ada yang indah untuk dibacakan, asalkan dengan vokal, intonasi, dan penghayatan yang tepat serta proporsional. |
INTI | Pertemuan ke-1 (90’) |
Guru menunjuk salah siswa (model) membacakan penggalan novel yang disiapkan Guru. Siswa diminta untuk memberikan tanggapan atas unjuk kemampuan siswa yang dijadikan model. Tanggapan diarahkan pada vokal, intonasi, dan penghayatan. Guru memberikan ulasan dan penekanan pada hal-hal yang harus dicontoh dari model. Siswa bergabung dalam kelompok dan secara bergantian membacakan penggalan novel yang tersaji dalam buku teks. Berpanduan daftar pertanyaan yang telah disiapkan Guru/tersaji di buku teks, secara bergantian setiap siswa menanggapi pembacaan teman satu kelompok. Tanggapan difokuskan pada aspek vokal, intonasi, dan penghayatan. | |
Pertemuan ke-2 ( 45’) | |
Setiap kelompok merekomendasikan anggotanya yang terbaik untuk membacakan penggalan novel di depan kelas. Guru menunjuk beberapa siswa yang direkomendasikan kelompok untuk membacakan penggalan novel lain di depan kelas dan setiap siswa diwajibkan memberikan tanggapan. | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang perlu diperhatikan dalam membaca dan menanggapi pembacaan penggalan novel. Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman halaman 55 – 60 |
| Material: VCD, kaset, poster | |
V | Mediacetak dan elektronik | penggalan novel yang menarik untuk dibacakan |
V | Website internet | |
| Narasumber | |
V | Model peraga | siswa pembaca novel |
| Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk menanggapi pembacaan penggalan novel yang didengar. Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi penilaian memberikan tanggapan pembacaan penggalan novel (terlampir) |
No comments:
Post a Comment