08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP12,




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  12

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
Memahami pembacaan novel 

KOMPETENSI DASAR
Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan  


INDIKATOR
Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan

ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan


MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Pembacaan Penggalan novel
Penanggapan pembacaan penggalan novel dari  segi vokal
Penanggapan pembacaan penggalan novel dari  intonasi
Penanggapan pembacaan penggalan novel dari  penghayatan



METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok


Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan

v
Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru membacakan penggalan sebuah novel yang bagus untuk dibacakan, misalnya Lelaki Tua dan Laut, karya Ernest Hemingway
Guru mengajak siswa untuk menyadari bahwa novel pun ada yang indah untuk dibacakan, asalkan   dengan vokal, intonasi, dan penghayatan yang tepat serta proporsional.



INTI
Pertemuan ke-1 (90’)
Guru menunjuk salah siswa (model) membacakan penggalan novel yang disiapkan Guru. Siswa diminta untuk memberikan tanggapan atas unjuk kemampuan  siswa yang dijadikan model. Tanggapan diarahkan pada vokal, intonasi, dan penghayatan.
Guru memberikan ulasan dan penekanan pada hal-hal yang harus dicontoh dari model.
Siswa bergabung dalam kelompok dan secara bergantian  membacakan penggalan novel yang tersaji dalam buku teks.
Berpanduan daftar pertanyaan yang telah disiapkan Guru/tersaji di buku teks, secara bergantian setiap siswa menanggapi pembacaan teman satu kelompok. Tanggapan difokuskan pada aspek vokal, intonasi, dan penghayatan.

Pertemuan ke-2 ( 45’)
Setiap kelompok merekomendasikan anggotanya yang terbaik untuk membacakan penggalan novel di depan kelas.
Guru menunjuk beberapa siswa yang direkomendasikan kelompok untuk membacakan penggalan novel lain di depan kelas dan setiap siswa diwajibkan memberikan tanggapan.

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang  perlu diperhatikan dalam membaca dan menanggapi pembacaan penggalan novel.
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
halaman 55 – 60


Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
penggalan novel yang menarik untuk dibacakan
V
Website internet


Narasumber

V
Model peraga
siswa pembaca novel

Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL

Tugas untuk menanggapi pembacaan penggalan novel yang didengar.
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
   Blangko observasi penilaian memberikan tanggapan pembacaan penggalan novel (terlampir)


No comments: