08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP25





BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor  25

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
KOMPETENSI DASAR
  Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola
pengembangan pembuka, isi, dan penutup
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menentukan topik untuk menulis esai
Mampu menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Mampu menyusun paragraf pembukaan
Mampu menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
Mampu menyusun paragraf penutup
Mampu memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Esai
Teknik menyusun kerangka karangan
Teknik membuat bagian pembuka/paragraf pembuka karangan
Teknik membuat bagian pembuka/paragraf isi karangan
Teknik membuat bagian pembuka/paragraf penutup karangan
Contoh-contoh paragraf pembuka, isi, penutup
Teknik menyunting/memperbaiki karangan

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Siswa ditanya pemahamannya mengenai esai
Siswa ditanya pemahamannya mengenai pola pengembangan pembuka, isi, penutup
INTI
Siswa membentuk kelompok-kelompok diskusi
Guru membacakan contoh esai
Siswa mengidentifikasi ciri-ciri esai
Guru memberikan beberapa topik kepada siswa
Siswa berdiskusi untuk menentukan topik dan menyusun kerangka karangan
Siswa menulis  esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Siswa saling menukarkan esai dan memperbaiki esai temannya (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

Siswa diminta mengungkapkan kesulitan yang dialaminya ketika menyusun paragraf
Siswa diminta mengungkapkan kesalahan terbanyak yang ada pada teks esai tulisan temannya
METODE DAN SUMBER BELAJAR




Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 124-131
Gorys Keraf. Komposisi. Ende-Flores : Nusa Indah
Lamudin Finosa. 2005. Komposisi. Jakarta : Diksi Insan Mulia
 
Material: VCD, kaset, poster

  v
Mediacetak dan elektronik
Berita, tajuk, editorial, esai, artikel yang pola pengembangannya sesuai dengan materi
 v
Website internet
Teks paragraf dengan pola pengembangan yang sesuai materi
  V
Narasumber
Siswa yang sudah biasa menulis

Model peraga

  V
Lingkungan
Teks-teks wacana lain yang bisa diemukandi masyarakat yang sesuai dengan materi


Metode
  v
Presentasi

  V
Diskusi Kelompok

  V
Inquari

 
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
  V
Tes  Lisan
  V
Tes Tertulis 
 
Observasi Kinerja/Demontrasi
  V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
 
Pengukuran Sikap
 
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang esai
Daftar pertanyaan lisan tentang pola-pola pengembangan paragraf
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan kerja mandiri
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

RUBRIK PENILAIAN PENULISAN KARANGAN BERPOLA

NAMA                                         :
KELAS/NO. ABS                     :
TANGGAL PENILAIAN     :
  KOMPETENSI DASAR       : Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka,
                                                      isi, dan penutup
N0
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
 1
Pemilihan topik
Aktualitas topik esai




a. Aktual                                                         Skor  3
b. Cukup aktual                                              Skor  2
c. Kurang aktual                                             Skor  1
d. Tidak aktual                                               Skor  0
 2
Teknik
Pengembangan
pembuka
Teknik pembukaan esai menarik atau tidak

a. Menarik                                                      Skor  3
b. Cukup menarik                                           Skor  2
c. Kurang menarik                                          Skor  1
d. Tidak menarik                                            Skor  0
 3.
Teknik pe ngembangan
isi
Teknik pengembangan isi koheren dengan pembuka atau tidak

a. Koheren                                                      Skor  3
b. Cukup koheren                                           Skor  2
c. Kurang koheren                                          Skor  1
d. Tidak koheren                                            Skor  0
 4.
Teknik pengembangan
Penutup
Teknik pengembangan penutup esai koheren dengan isi atau tidak

a. Koheren                                                      Skor  3
b. Cukup koheren                                           Skor  2
c. Kurang koheren                                          Skor  1
d. Tidak koheren                                             Skor  0
 4
Ejaan dan tanda baca
Ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca

a. Tanda baca & ejaan yang ada semua benar  Skor  3
b. Ada 1-5 ejaan atau tanda baca yang salah    Skor  2
c. Ada 6-10 ejaan atau tanda baca yang salah  Skor  1
d. Lebih dari 10 ejaan atau tanda baca salah    Skor  0
 5
Struktur kalimat
Ketepatan penggunaan struktur kalimat

a. Semua kalimat strukturnya tepat                  Skor  3
b. Ada 1 kalimat yang strukturnya salah          Skor  2
c. Ada 2 kalimat yang strukturnya salah          Skor  1
d. Lebih dari 2 kalimat yang strukturnya salah Skor  0
 6.
Diksi
Ketepatan diksi

a. Tepat                                                             Skor  3
b. Cukup tepat                                                  Skor  2
c. Kurang tepat                                                 Skor  1
d. Tidak tepat                                                    Skor  0

                         Mengetahui,                                                                    ……………,  ……...……………
                        Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran,



             --------------------------------------                                                       ------------------------------------
             NIP :                                                                                                  NIP :

No comments: